Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Bersama Nusa Mandiri Remaja Karang Taruna Rt. 07 Pasirgunung Selatan Meningkatkan Kemampuan untuk Mengimplementasikan Microsoft Office Dalam Kegiatan Berorganisasi

Bersama Nusa Mandiri Remaja Karang Taruna Rt. 07 Pasirgunung Selatan Meningkatkan Kemampuan untuk Mengimplementasikan Microsoft Office Dalam Kegiatan Berorganisasi

Remaja Karangtaruna RT. 07 Kelurahan Pasirgunung Selatan Kota Depok menjadi target kami dari STMIK Nusa Mandiri Program Studi Teknik Informatika untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada tanggal 21-22 September 2019 kemarin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Selatan Kota Depok. Dengan peserta para remaja karangtaruna di RT.07 belajar bersama dengan tim dari STMIK Nusa Mandiri yang saat itu melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan, mentransfer dan membagikan ilmu dibidang komputer kepada mereka remaja karangtaruna di RT.07, dengan harapan agar ilmu tersebut bermanfaat dikehidupan para remaja karangtaruna Selain itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap semesternya sebagai tridarma perguruan tinggi selain mengajar dan meneliti. Kegiatan ini mengusung tema dalam mengimplementasikan Microsoft Office dalam kegiatan berorganisasi, dalam hal remaja karangtaruna sering sekali mengadakan kegiatan yang didalamnya mereka harus membuat surat undangan, proposal, laporan pertanggungjawaban bahkan laporan dana sumbangan dari setiap kepala keluarga. Hal ini, menjadikan mereka remaja karangtaruna harus mampu mengoperasikan komputer walaupun hanya sebatas merancang dan membuat laporan pada Microsoft Office. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memplejari Ms. Word, dan Ms. Excel.

Bagi remaja karangtaruna di RT.07 kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, menambah ilmu pengetahuan terutama dibidang komputer. Komputer bagi orang awam hanya tau bentuk fisiknya, ada cpu, monitor, keyboard dan mouse. Namun, rata-rata dari mereka tidak tahu apa yang sebenarnya ada didalamnya, bagaimana cara pengoperasiannya, dan bagaimana cara menjalankan software yang ada didalamnya. Pada Ms. Word mengolah kata antara kata menjadi sebuah kalimat, memberikan numbering, menambahkan gambar dan tabel menjadikan mereka antusias dalam pembuatan lembar kerja pada Ms.Word dalam pembuatan laporan kegiatan. Sedangkan materi Ms.Excel membantu mereka dalam membuat laporan keuangan, grafik kepala keluarga yang ada di wilayah selatan kota depok khususnya RT. 07, ataupun membuat keuangan secara pribadi yang terjadi pada kehidupan sehari-hari.             Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sejak pukul 10.00-12.00 siang dengan diawali pembukaan oleh ketua RT. 07 dan dilanjutkan pembukaan oleh ketua pelaksana pengabdian masyarakat Ibu Duwi Cahya Putri Buani, M.Kom. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pembawaan materi oleh tim tutor dan tim dosen lainnya yang mendampingi selama proses berjalannya belajar mengajar di kegiatan pengabdian masyarakat. Setiap dosen mendampingi para peserta, ketika peserta ada yang kesulitan dalam pengoperasian atau menjalankannya meminta bantuan kepada tim dosen yang standby disamping para peserta pengabdian masyarakat.   

Kegiatan ini berjalan dengan baik, setiap penjelasan yang disampaikan oleh tutor dipraktikan langsung oleh peserta pada Laptop yang sudah ada dihadapan mereka. Laptop juga kita fasilitasi sebagai alat untuk melaksanakan proses belajar mengajar selama kegiatan ini berlangsung. Pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh remaja sebanyak 21 peserta. Dalam kegiatan ini remaja karangtaruna RT.07 sangat antusias dalam proses belajar mengajar, banyak pertanyaan yang mereka belum paham mereka tanyakan ke tutor bahkan ke dosen yang mendampingi proses pengabdian tersebut. Dan Alhamdulillah kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar. Baik bagi peserta maupun tim dosen yang melaksanakan kegiatan ini. Semoga ilmu yang diberikan pada bidang komputer oleh Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta khususnya Program Studi Teknik Informatika dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebagai mestinya oleh remaja karangtaruna di RT.07 Kota Selatan Depok. Terimakasih atas antusias remaja karangtaruna di RT.07, terimakasih kami ucapkan kepada Bapak RT.07 yang sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat dan lancarnya proses belajar mengajar tersebut.

About Daning Nur Sulityowati