Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / LPPM Sukses Mengadakan Kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Untuk Dosen-Dosen Universitas Nusa Mandiri Tahun 2022

LPPM Sukses Mengadakan Kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Untuk Dosen-Dosen Universitas Nusa Mandiri Tahun 2022

Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan. Adapun hasil-hasil penelitian atau artikel ilmiah perlu disebarluaskan kepada para peneliti lain maupun masyarakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya. Kemampuan dalam menulis suatu karya ilmiah pada jurnal internasional di Indonesia dirasakan masih belum optimum sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan masih terus harus dipacu kembali.

Berdasarkan kondisi yang ada selama ini, untuk memacu peneliti atau penulis dalam mempublikasikan hasil karyanya di tingkat Internasional, LPPM Universitas Nusa Mandiri telah mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  membahas persiapan awal dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi. Adapun kegiatan tersebut telah sukses terlaksana pada tanggal 24 Juni, 12 Juli dan 26 Juli 2022. Dengan terselenggaranya kegiatan ini  bertujuan untuk menghasilkan suatu artikel ilmiah oleh dosen-dosen atau akademisi Universitas Nusa Mandiri yang dapat terbit pada salah satu jurnal internasional bereputasi.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh dosen yang berada pada lingkungan Universitas Nusa Mandiri khususnya yang berstatus available dalam menunjang pangkat lektor kepala. Adapun pada kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa hari yaitu pada tanggal 24 Juni, 12 dan 26 Juli 2022 Pukul 09.00 s/d 11.00 WIB. Inti dari kegiatan ini yaitu diskusi terkait persiapan dosen dalam menyiapkan pembuatan artikel ilmiahnya untuk dapat di evaluasi hingga artikel tersebut dapat layak diajukan untuk jurnal Internasional. Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom meeting sebagai wadah dari terlaksananya kegiatan ini. Sebelum narasumber menyampaikan materi, kegiatan di buka oleh Moderator yaitu Ibu Linda Marlina, M.Kom dan sambutan yang disampaikan oleh Ketua LPPM Universitas Nusa Mandiri Bapak Andi Saryoko, M.Kom.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, materi disampaikan oleh tiga narasumber yang berbeda pada setiap berlangsungnya acara. Adapun materi pertama disampaikan oleh Ibu Sri Hadianti, M.Kom terkait Tips, trik dan kiat kiat dalam cara mudah mencai topik penelitian yang sedang up to date pada saat ini, Selanjutnya materi kedua yaitu memaparkan terkait pencarian research gap menggunakan aplikasi dalam penulisan artikel ilmiah jurnal internasional yang disampaikan oleh Ibu Nurmalasari, M.Kom dan materi ke tiga yaitu terkait penulisan dan publikasi jurnal internasional uang disampaikan oleh Ibu Tati Mardiana, M.Kom.

(Narasumber 1. Ibu Sri Hadianti, M.Kom)
(Narasumber 2. Ibu Nurmalasari, M.Kom)
(Narasumber 3. Ibu Tati Mardiana, M.Kom)

Dalam pelaksanan kegiatan FGD ini materi yang telah disampaikan oleh narasumber berjalan dengan lancar dan baik sehingga peserta dapat memahami apa yang telah disampaikan, sebagai bentuk antusias peserta kegiatan pelatihan terhadap materi yang disampaikan, ditunjukkan dengan adanya beberapa tanya jawab dari beberapa peserta terkait materi yang disampaikan, serta para narasumber pun mampu dengan sangat baik memberikan penjelasan terkait jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta FGD sehingga kegiatan pelatihan ini pun berjalan dengan baik dan lancar.

Adapun harapan dari terselenggaranya kegiatan ini yaitu bertujuan untuk Meningkatkannya kualitas para dosen Universitas Nusa Mandiri dalam berkontribusi membuat artikel atau karya ilmiah yang dapat publish pada jurnal internasional bereputasi dengan menjadi first authordan meningkatkannya kuantitas publikasi hasil karya ilmiah dari dosen-dosen Universitas Nusa Mandiri yang dapat dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

About lppmnusamandiri