Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Fasilitas Google Form Bagi Pengurus dan Anggota LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) Pada Kelurahan Kebon Bawang

Pemanfaatan Fasilitas Google Form Bagi Pengurus dan Anggota LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) Pada Kelurahan Kebon Bawang

Jakarta, Senin 26 April 2021 – Kaum Millenial pada saat ini akrab dengan semua jenis  produk teknologi seperti komputer, tablet dan ketersediaan smartphone yang di dukung dengan koneksi internet dengan yang murah menjadi peluang dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Google form dapat digolongkan dalam suatu aplikasi yang mudah diakses dan perangkat lunak gratis untuk digunakan, Operasi sederhana, cukup dikembangkan dengan baik sebagai alat dalam membantu sebuah pekerjaan. Google Form adalah salah satunya komponen layanan Google Docs. Aplikasi ini Sangat cocok untuk pelajar, guru, dosen, karyawan kantor dan profesional yang senang membuat kuis, formulir, dan survei online. Google Form memiliki fitur yang dapat membagikan konten di Google Formulir dengan orang lain Secara publik atau khusus untuk pemiliknya Akun Google dengan opsi aksesibilitas, Misalnya: read-only atau Dapat diedit (dokumen dapat diedit). Selain Google Docs juga bisa diubah sesuai dengan  mereka yang tidak memiliki dana untuk membeli aplikasi berbayar di banding dengan membajak program berbayar, seperti Microsoft Office, karena kita tahu jika membajak program itu tidak bagus.

Gambar 1. Menjelaskan Fitur pada Google Form

Untuk menggunakan Google Maka kita perlu memiliki akun Google Universal, yaitu melalui pendaftaran Kunjungi http://account.google.com/login/. dengan Dengan akun tersebut, maka kita akan bisa Gunakan berbagai produk Google di rilis secara gratis, sama seperti Gmail Alat untuk berkomunikasi melalui email, Google Drive sebagai tempat penyimpanan online, YouTube sebagai alat berbagi dan penyimpanan Video, situs website sebagai alat kreasi Website sederhana, blog sebagai alat bantu Buat blog dan gunakan GooglePlay sebagai alat berikut Bagikan aplikasi, gunakan Google Plus sebagai alat Digunakan untuk berbagi artikel, dan lain-lain.

Dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19, pengabdian masyarakat untuk semester ini tetap dilakukan secara online. Panitia dan peserta layanan Pengabdian Masyarakat (PM) menggunakan Zoom Cloud media Conference melalui fasilitas Internet untuk terhubung. Pengabdian masyarakat dimulai dengan membaca jadwal kegiatan. Ispandi M.Kom menjadi MC, dan panitia dan peserta wajib mengisi status berupa presensi kehadiran secara online. Ispandi M.Kom selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan tujuan kegiatan PM yaitu membekali sekretaris dengan pengetahuan dan wawasan tentang penggunaan google Form. Aplikasi google form agar dapat digunakan untuk media sosial dan menyebarluaskan informasi tentang kegiatan yang dilakukan di Desa Kebon Bawang. Dalam pandemi Covid-19 ini, panitia berharap tetap dapat memberikan kontribusi yang positif dan praktis bagi masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Kebon Bawang. Bapak Willy Hardiana dari SE. Ak, M.Si selaku Kepala Kelurahan Kebon Bawang menyampaikan pesan kepada karyawan peserta PM nya agar dapat berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan ini dan memaksimalkan ilmunya untuk menambah keterampilan dan wawasan sehingga dapat meningkatkan kemampuan diri Sendiri sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka dalam keseharian Kelurahan Kebon Bawang.

Gambar 2. Penyampaian Materi

Di awal seminar online Hendri, M.Kom memberikan materi tentang konsep dasar google Form agar mudah membuat akun google form. M.Kom dan Andi Saryoko, M.Kom mempraktekkan semua tahapan pembuatan google form dari awal hingga akhir, serta menjelaskan berbagai fasilitas yang dapat digunakan google form untuk membuat google form. Peserta dengan antusias memperhatikan penjelasan dan latihan instruktur saat membuat contoh google form, bahkan ada yang bertanya untuk lebih memahami materi yang disajikan. Rangkaian kegiatan dimulai dari pukul 09.30 hingga 11.30, dan terakhir mengisi kuisioner peserta pada link: http://bit.ly/KuisionerMitraUNM-PMGNP20202021 dan Kuis online berupa games serta menyediakan 5 doorprize untuk 5 peserta terpilih. menggunakan aplikasi kuis di link: https://socialle.id/QuizPMUniversitasNusaMandiri. Transformasi digital telah mengubah gaya hidup masyarakat di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0. Saya berharap LMK Kelurahan Kebon Bawang dapat menggunakan google Form untuk melakukan pelatihan media animasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam menggunakan google form untuk membantu kinerjanya, sehingga mempermudah lama kinerjanya dan tampilan dari laporan kinerja lebih menarik bagi kaum millenial. Mahir berkomunikasi melalui media sosial berupa teks, gambar, audio dan video juga merupakan bagian dari proses sosialisasi yang mendukung kegiatan Desa Kebon Bawang. (IPD)

About Faruq Aziz