Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Publikasi Dalam Menunjang Kegiatan Sosial Pada Fatayat NU Ciledug

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Publikasi Dalam Menunjang Kegiatan Sosial Pada Fatayat NU Ciledug

Pandemik Covid-19 mengubah perilaku masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan media sosial secara online. Karena dengan cara seperti ini dapat menurunkan tingkat penyebaran virus Covid 19. Memanfaatkan media sosial adalah salah satu cara untuk memberikan informasi dan publikasi mengenai suatu kegiatan sosial yang dilakukan pada saat pandemik.  Dengan memanfaatkan  media sosial dengan konten yang menarik diharapakan dapat menambah donator dan informasi kegiatan di Fatayat Nu Ciledug. Sebuah konten dikatakan hidup, jika konten tersebut memiliki aktivitas yang beragam. Ketika sebuah konten tidak adanya interaksi, maka ada sesuatu yang perlu di perhatikan terhadap konten tersebut.

Media sosial memiliki dua faktor yang mempengaruhi tingkat engagement dalam konten yaitu jumlah followers dan jumlah interaksi. Interaksi mempengaruhi nilai engagement dalam konten di media social. Pandemi memberi dampak yang sangat signifikan terhadap kegiatan soasial karena terbatasnya kegiatan yang biasa menimbulkan kerumunan dan melibatkan orang banyak sehingga media social sangat dibutuhkan sebagai sarana informasi dan publikasi. Setiap semester setiap dosen wajib melaksanakan satu item Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu salah satunya Pengabdian Masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan berbagi pengalaman, dan keilmuan kepada masyarakat luas, diluar perguruan tinggi.

Pemaparan Materi

Target peserta Pengabdian Masyarakat semester ganjil TA 2021/2022 ini adalah Ibu-ibu Majelis Ta’lim Fatayat NU Ciledug, yang berlokasi di Jl. Mekar Jaya No.68A, RT.003/RW.010, Kelurahan Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Banten 15153. Sebagai ketua pelaksana kegiatan dipegang oleh ibu Titin Kristiana, M.Kom. Pelaksanan pengabdian masyarakat kali ini, dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan media Zoom meeting dikarenakan situasi pandemic Covid19. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah berkurangnya donasi dan sulitnya penyaluran bantuan social karena informasi yang didapat sangat kurang ditengah pandemi covid 19 karena peran penting dalam hal reputasi instansi, kepercayaan dan informasi yang tersebar di publik Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menyesuaikan perkembangan zaman yaitu publikasi melalui media social. 

Pemaparan Materi

Dengan adanya pengabdian masyarakat secara online ini, yang menjelaskan bagaimana media sosial sebagai media publikasi sangat penting dalam menunjang kegiatan sosial Fatayat NU. Dengan adanya solusi tersebut diharapkan banyak donatur yang terlibat dalam kegiatan Fatayat NU. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermafaat secara luas kemasyarakat, khususnya pada Ibu-ibu Majelis Ta’lim Fatayat NU Ciledug dan dapat diterima baik materi-materi yang telah diberikan.

About lppmnusamandiri