Home / Berita Terbaru / SOSIALISASI HIDUP SEHAT MELALUI APLIKASI ANIMASI DAN PENGGALANGAN DANA KEMANUSIAAN

SOSIALISASI HIDUP SEHAT MELALUI APLIKASI ANIMASI DAN PENGGALANGAN DANA KEMANUSIAAN

Peran teknologi informasi dimasa pandemic covid-19 saat ini terasa begitu kentara sekali, terlebih tatkala pemerintah menganjurkan seluruh aktivitas sehari-hari yang tadinya dilakukan di kantor, kampus, dan lainnya agar dapat dilakukan dari rumah atau yang lebih dikenal dengan istilah WFH (Work From Home). Semua ini dilakukan pemerintah sebagai pencegahan dan menekan penyebaran virus covid-19 yang semakin massif. Fenomena ini membuktikan bahwa sulit untuk dibantah peran teknologi informasi saat ini memang telah menjadi bagian hidup yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat, dengan teknologi informasi kegiatan bisnis, belajar-mengajar, dan aktivitas lainnya tidak terhenti hanya dikarenan merebaknya virus covid-19.

Selain seperti yang telah disebutkan di atas, pemanfaat teknologi informasi dalam mengatasi pencegahan dan penularan virus covid-19 yang semakin masif seperti saat ini dapat juga digunakan sebagai media informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara hidup sehat dan bagaimana cara terhindar tertular dari virus tersebut.

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kampanye pemerintah untuk melakukan pencegahan dan penyebaran virus covid19 dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan cara memberikan sosialisasi serta mengedukasi masyarakat tentang cara hidup sehat yaitu mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan tetap di rumah saja dengan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah melalui pemanfaatan teknologi informasi yaitu dengan pembuatan sebuah aplikasi animasi.

Pengabdian masyarakat ini juga diiringin dengan penggalangan dana kemanusiaan dan pemberian ta’jil untuk berbuka puasa bagi masyarakat yang lewat di depan kampus STMIK Nusa Mandiri Jakarta di jalan Pangkalan Jati Jakarta Timur. Kegiatan ini dilakukan dengan bekerjasama karang taruna RW 013 pangkalan jati cipinang melayu.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh anggota Karang Taruna RW 013 yang aktif dalam organisasi sebanyak 20 orang. Acara ini berlangsung selama 1 hari yaitu pada hari Kamis tanggal 23 April 2020.

Diharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang tinggal disekitar Pangkalan Jati Cipinang Melayu, Jakarta Timur untuk dapat hidup dengan pola hidup yang sehat sehingga dapat terhindar dari tertularnya virus covid-19, dan dapat menekan penyebaran virus covid-19.

About 5T5

PPPM Nusa Mandiri