Home / Fungsi dan Tugas

Fungsi dan Tugas

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK-STBA Nusa Mandiri, merupakan lembaga yang mampu sebagai ujung tombak memediatori dan memfasilitasi civitas akademika STMIK-STBA Nusa Mandiri untuk dapat aktif dan kreatif melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan bidang ilmu dan kompetensi, sehingga bermanfaat masyarakat dan bangsa Indonesia.

Lingkup pekerjaan yang ditangani terutama tentang pelayanan jasa yang berhubungan dengan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Pembuatan software program, pengkajian ilmiah, penataran/pelatihan, penyusunan program, evaluasi program, monitoring dan pengolahan data dalam berbagai sektor seperti bidang perbankan, pendidikan, perindustrian, pemeritahan, pengembangan sumber daya manusia, serta kebijakan publik lainnya.

Tujuan yang ingin dicapai

  1. Meningkatkan fungsi kualitas LPPM sebagai Pusat informasi dalam bidang riset yang interaktif.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas jurnal hasil-hasil penelitian, artikel ilmiah dan perkembangan metode riset terbaru.
  3. Memperoleh masukan bagi peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Mendorong kreativitas, inovasi, dan produktivitas dalam meneliti melalui berbagai kajian penelitian.

Bentuk dan Sifat Kegiatan

Ruang lingkup pengabdian pada Masyarakat meliputi penyuluhan, pelatihan, kaji tindak, pendampingan, pengembangan kewirausahaan, konsultasi profesi dan Kuliah Kerja Nyata. Berdasarkan ruang lingkup tersebut bentuk layanan yang diberikan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi:

  1. Pendampingan dan pembinaan
  2. Pelatihan, seminar dan lokakarya
  3. Pemberdayaan masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  4. Implementasi hasil penelitian
  5. Studi kebijakan public
  6. Konsultasi manajemen kelembagaan
  7. Konsultasi dan penerapan IPTEKS
  8. Konsultasi bisnis dan penempatan kerja
  9. Inkubasi wirausaha baru