Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Focus Group Discussion Socialization Of Repository Medical Imaging Pap Smear Imaging For Early Detection Of Cervical Cancer (RepoMedUNM)

Focus Group Discussion Socialization Of Repository Medical Imaging Pap Smear Imaging For Early Detection Of Cervical Cancer (RepoMedUNM)

Penelitian Terapan merupakan penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah yang ada di masyarakat, industri, pemerintahan sebagai kelanjutan dari riset dasar. Penelitian Terapan adalah model penelitian yang lebih diarahkan untuk menciptakan inovasi dan pengembangan ipteks. Penelitian ini berorientasi produk ipteks yang telah tervalidasi di lingkungan laboratorium/lapangan atau lingkungan yang relevan. Dalam proses pengukuran TKT, hasil Penelitian Terapan akan berada di tingkat 4 sampai dengan tingkat 6. Skema Penelitian Terapan ini dapat dilakukan untuk penelitian kerjasama dari dalam atau luar negeri. Penelitian kerjasama luar negeri dapat dilakukan secara multilateral atau dalam bentuk konsorsium.

Pada hari Senin tanggal 28 November 2022 yang berjalan kurang lebih 2 jam, mulai dari jam 16.00 sampai dengan 18.00 WIB merupakan diskusi secara online berupa Focus Group Discussion yang membahas mengenai program Hibah Penelitian Terapan DRTPM Kemdikbudristek Tahun Anggaran 2022.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan memperoleh interaksi serta masukan bagi perkembangan repositori RepoMeduNM sebagai keluaran program Hibah Penelitian Terapan DRPM RISTEKBRIN Tahun Anggaran 2022.

Acara Focus Group Discussion (FGD) menggunakan format diskusi panel dengan pelibatan pakar yang mencerminkan pemangku kepentingan topik yang sedang dibahas. Panelis dan peserta aktif mengikuti kegiatan FGD dari link Zoom yang telah disediakan. Panelis memiliki waktu 15 menit untuk menyampaikan paparannya, dilanjut sosialisasi Repositori RepoMedUNM dan diskusi dengan partisipan aktif, dalam hal ini ahli dibidangnya dengan memberikan tanggapan. Moderator memandu jalannya diskusi selama 45 menit, serta memantau fitur chat pada zoom yang kemudian disampaikan kepada para panelis.

Acara Focus Group Discussion (FGD)  dengan moderator Bapak Arif Hidayat, S.S., M.Hum (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri), menghadirkan para Panelis antara lain Prof. Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM.M.Kom (Ketua Tim Peneliti Hibah Terapan 2021 UNM), dr. Oemi Kalsoem, SpPa (Laboratorium Medik Khusus Patologi Anatomik Veteran), Prof. Jufriadif Na’am, M.Kom (Professor of Computer Science), Prof. Christophoros Nikou (Department of Computer Science and Engineering University of Loannina, Greece), Dr. Suryadiputra Liawatimena, S.Kom, Pgdip.App.Sc (Binus University), Sri Hadianti, M.Kom (Tim Peneliti Hibah Terapan 2021 UNM). Adapun peserta yang turut hadir antara lain Tim Peneliti Hibah Terapan 2021-2022 UNM Mahasiswa S2 Konsentrasi Image Processing, Mahasiswa S2 Biomedical Image Processing Umum.

Pengolahan Citra Medis Repositori UNM (RepoMedUNM) berisi citra baru yang tersedia untuk umum terdiri dari 7.437 gambar sel berkerumun dari proses tes pap TP dan nTP. Slide sebagai sumber digitalisasi RepoMedUNM telah diklasifikasikan oleh ahli patologi ke dalam delapan kelas yang berbeda. Selain itu juga dilakukan penelitian berbasis machine learning. Hal ini dilakukan sebagai luaran dari program Hibah Penelitian Terapan DRTPM Kemdikbudristek Tahun Anggaran 2022 yang sedang kami jalankan sebagai lanjutan penelitian Tahun 2021. Untuk mensosialisasikan dan memperoleh interaksi serta masukan bagi perkembangan repositori RepoMedUNM, maka peran berupa saran dan tanggapan dari para ahli sangat di harapkan.

Acara Focus Group Discussion Socialization Of Repository Medical Imaging Pap Smear Imaging For Early Detection Of Cervical Cancer (RepoMedUNM) berjalan lancar dan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta yang cukup aktif dan mendapat jawaban dari para panelis yang memang menjadi pakar dibidangnya.(ASY)

About LPPM UNM