Home / Berita Terbaru / Optimalisasi Pembelajaran Online bersama Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Optimalisasi Pembelajaran Online bersama Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, himbauan dari pemerintah yang selalu ditekankan adalah gunakan masker, jaga jarak dan stay at home atau lebih baik di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Dengan himbauan tersebut, banyak aspek di masyarakat yang harus merubah system kerja mereka dari manual menjadi online atau digital. Contohnya dari aspek bisnis yang tadinya bertemu langsung menjadi bisnis online menggunakan media social, website atau aplikasi. Aspek pendidikan juga harus merubah system pembelajarannya dari tatap muka menjadi system online atau biasa disebut e-learning.

Banyak aplikasi atau media online yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Seperti Google Classroom, Google Meet, Zooms, Microsoft Teams dll. Sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas bahkan kampus memanfaatkan Google Classroom dalam proses pembelajarannya. Karena Google Classroom mempunyai fitur yang cukup lengkap untuk proses belajar secara online.

Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta berinisiatif untuk membantu masyarakat untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi pembelajaran online salah satunya adalah Google Classroom. Dengan membuat event Pengabdian Masyarakat dengan judul “Optimalisasi Proses Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Google Classroom Secara Virtual Bagi Warga RW.010 Pela Mampang Jakarta Selatan”.

Event tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 26-27 September 2020 dimulai dari jam 10:00 wib sampai dengan jam 11:30 wib secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Bapak Ispandi, M.Kom, dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta yang bertugas sebagai tutor dalam event ini, yang memaparkan tentang bagaimana mengoptimalisasi aplikasi Google Classroom dalam proses pembelajaran. Seperti memberi pelatihan untuk membuat formulir dengan Google Form, membuat meeting dengan Google Meet dll. Kurang lebih 20 orang warga RW 010 yang hadir dalam event ini. Alhamdulillah acara berjalan lancar berkat para panitia dan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang berpartisipasi serta warga RW 010 yang berperan aktif.

Warga RW 010 sangat antusias dan berterima kasih karena dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri sudah memberikan tambahan pengetahuan dalam mempermudah proses pembelajaran warga di masa pandemi ini. Dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri juga sangat senang bisa membantu dan berterima kasih kepada warga RW 010 atas partisipasinya dalam acara ini. Semoga apa yang diberikan bermanfaat bagi warga. Amiiin ya robbal alamiin…

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri