Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / PELATIHAN PENGENALAN DASAR MICROSOFT WORD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI PENGURUS DAN STAF PENGAJAR TPQ AN NUR TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

PELATIHAN PENGENALAN DASAR MICROSOFT WORD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI PENGURUS DAN STAF PENGAJAR TPQ AN NUR TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Mandiri telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 4 Desember 2021. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi. Bentuk Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan yang dilakukan secara luring (luar jaringan) atau secara langsung di lokasi POKJA (Kelompok Kerja) TPA/TPQ An nur dengan tema “Pelatihan Pengenalan Dasar Microsoft Word sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Komputer bagi pengurus dan Staf Pengajar TPQ An Nur Tanjung Priok Jakarta Utara” yang berlokasi di Jl. Sungai Bambu II B RT. 006/008 No. 24, Kel. Sungai Bambu Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara., 14320.

TPQ atau Taman Pendidikan An Nur adalah lembaga pendidikan yang bergerak dalam mendidik anak dalam memperdalam ilmu agama dalam hal ini kitab suci Al Quran. TPQ An Nur merupakan bagian dari kelompok kerja TKQ/TPQ Tanjung Priok, yang berada di kelurahan Warakas.

TPQ An Nur dalam menjalankan kegiatannya terdiri dari pengurus dan tenaga pengajar yang menggerakkan proses kegiatan administrasi dan kegiatan belajar mengajar. Dalam mendukung kegiatan administrasi maupun belajar mengajar dibutuhkan suatu ketrampilan komputer yang dapat memperlancar dan memudahkan kegiatan tersebut. Kegiatan administrasi yayasan pendidikan bisa berupa surat menyurat, dan bagi guru dalam membuat soal-soal ujian tidak harus menyuruh orang atau membayar jasa foto copy tapi dapat dilakukan sendiri. Pada kenyataannya penguasaan ketrampilan dalam menggunakan komputer dan menggunakan aplikasi microsoft office masih kurang sehingga menghambat dalam keefektifan dalam bekerja.

Minimnya pengetahuan tentang komputer, menyebabkan para santri dan tenaga pengajar tidak paham bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Office. Berdasarkan penjelasan di atas, permasalahan Mitra perlu diberikan solusi yaitu dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini, salah satunya adalah memberikan pelatihan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yaitu Microsoft Word yang merupakan aplikasi dasar pengetikan kata-kata. Pembelajaran Microsoft Office lainnya juga akan diberikan secara berkala, seperti Microsoft Excel dan Microsoft Powert Point.

Salah satu staf TPQ An Nur menyampaikan bahwa “ternyata sebagian besar pengurus dan staf TPQ An Nur belum terampil dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office terutama Ms. Word”, tutur Ibu Hj.Nur Hikmah   yang merupakan pimpinan TPQ An Nur yang ditemui pada saat penjajakan mitra. Kegiatan belajar mengajar selain mengajar memberikan materi ke anak didik, staff pengajar TPQ An Nur juga harus mngerjakan tugas administrasi sebagai pendukung dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga dibutuhkan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Manfaat dari menguasai TIK guru dan staf sangat mendukung kegiatan staf TPQ An Nur dalam menjalankan tanggung jawab baik sebagai pengajar dan staf administrasi yang membantu dalam proses pengajaran dan kegiatan administrasi akademik. Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh beberapa guru untuk menyampaikan materi pembelajaran, pemberian tugas dan menyelesaikan tugas administrasi adalah Microsoft Word.

       Mendukung sistem pembelajaran dan kegiatan administratif  tersebut, dosen-dosen Universitas Nusa Mandiri berupaya memberikan edukasi bagi bapak-bapak dan ibu-ibu pengurus dan staf TPQ An Nur yang ada di lingkungan Kecamatan Tanjung Priok.

Ketua Pokja TKQ/TPQ An Nur  menyambut baik adanya kegiatan ini “Saya sangat senang dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini, terutama karena temanya yang menarik dan sangat bermanfaat bagi pengurus dan staf TPQ An Nur Tanjung Priok” kata Ade Saefudin, Ketua Pokja TPQ An Nur dalam sambutannya. Tutor Sidik menyatakan ”staf dan pengurus TPQ An Nur sangat antusias dan semangat saat belajar dan sangat senang mendengar permintaan dari mereka untuk dapat mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat lagi di TPQ An Nur”. Ketua Pengabdian Masyarakat “Semoga ke depannya Universitas Nusa Mandiri dan Pokja TPQ An Nur dapat bekerjasama lagi untuk mewujudkan permintaan staf dan pengurus TPQ An Nur dan dapat memberikan ilmu pengajaran tentunya dengan tema pelatihan yang lebih menarik lagi”, kata Imam Budiawan. Kegiatan ini melibatkan beberapa tim dari Universitas Nusa Mandiri baik dosen-dosen maupun mahasiswa yang membantu jalannya kegiatan dengan peserta yang terdiri dari Ibu-ibu staf dan pengurus TPQ An Nur.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini telah dilaksanakan secara luring (luar jaringan) atau langsung di lokasi yaitu bertempat di Ruang Aula RA UPEKA II, kantor sekretariat Kelompok Kerja TKQ/TPQ Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara dengan menggunakan pendekatan persuasif edukatif dengan metode ceramah dan diskusi. Ketua pelaksana pelatihan ini yaitu Imam Budiawan, M.Kom yang dibantu oleh Bapak Sidik, M.Kom sebagai Tutor, Ibu Ummu Radiyah, S.Kom., M.Eng., Ibu Astriani Mulyani, S.Si, M.Kom, dan ibu Widiastuti, M.Kom. dan lima (5) orang mahasiswa Universitas Nusa Mandiri sebagai anggota Tim Tutor yang selanjutnya, dalam kegiatan pengabdian ini peserta diajak berdiskusi dan mengerjakan tugas seperti membuat surat undangan, surat tugas mengajar, membuat table dalam Microsoft word sebagai bentuk test seberapa besar ketrampilan dan pengusaan peserta PM terhadap materi pelatihan. Peserta dan tim tutor antusias mengikuti kegiatan yang untuk pertama kalinya Prodi TI Universitas Nusa Mandiri lakukan setelah Pandemi Covid-19 ini agak mereda.

Harapannya kemampuan dan keterampilan dalam menguasai materi dan penggunaan fitur-fitur dalam Microsoft Word untuk membantu semua pekerjaan surat menyurat seperti membuat tabel, membuat surat undangan, surat tugas mengajar serta mail merge, dan kemampuan lainnya yang dapat bermanfaat dalam proses belajar mengajar secara maksimal dicapai oleh semua pengurus dan staf TPQ An Nur.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri