Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Memperluas Jangkauan Dakwah Bagi Aktivis Remaja Masjid

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Memperluas Jangkauan Dakwah Bagi Aktivis Remaja Masjid

Kondisi Pandemi Covid-19 ini membuat berbagai sektor kehidupan terhenti atau tersendat sementara, dapat dilihat pada segi kehidupan keagamaan khususnya sudah terkena imbasnya. Untuk pencegahan peyebaran virus covid-19 ini, aparatur pemerintah telah menganjurkan kepada umat beragama untuk dapat beribadah dirumah. Kondisi ini berpengaruh pula pada jama’ah masjid As-Salam, dimana jama’ah  yang melakukan ibadah di Masjid ini mengalami penurunan dan terus berkurang dari yang biasanya dan penyaluran dakwah kepada para jama’ah juga tidak dapat disampaikan dengan optimal. Atas dasar permasalahan tersebut, pengabdian masyarkat ini dilaksanakan guna menyalakan kembali penyebarluasan dakwah dan mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan agama islam di masjid As-Salam oleh para pengurus masjid ataupun aktivis remaja masjid As-Salam agar dapat tersampaikan ke masyarakat luas. Pengabdian masyarakat ini, dilakukan secara daring menggunakan laptop yang telah terinstal media aplikasi zoom didalamnya. Didalam pengabdian kepada masyarakat ini, kami membekali aktivis remaja masjid As-Salam, agar dapat membuat komunitas virtual menggunakan media sosial instagram yang berisikan konten-konten dakwah serta dapat mengabadikan kegiatan-kegiatan keagamaan islam lainnya, agar tersebar luas kemasyarakat, sehingga ilmu-ilmu yang disampaikan didalam dakwah ataupun kegiatan keagamaan islam lainnya dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat luas. Selain itu kami juga membekali para aktivis remaja masjid ini didalam pengelolan akun komunitas virtual dakwah ini, agar dapat menjadi akun virtual dakwah yang dapat dipercaya oleh para followers-nya.

Kegiatan berlangsung atas kerja sama Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), selain itu kegiatan juga diikuti oleh beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Informatika diantaranya ada Hasnan Wanandi, Gardito Gema Ramadhan, Aliffio Chandra Purnama, Genijayanti Waruwu dan Tasya Nabila Fauzia yang merupakan Mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri Kampus Cengkareng. Kegiatan berupa pemaparan teori dan praktek mengenai cara pembuatan akun email sebelum masuk menggunakan aplikasi instagram yang akan digunakan sebagai komunitas virtual. Kegiatan berlangsung selama satu hari pada hari Sabtu, tanggal 25 September 2021 pukul 10.00-14.00.00 WIB bertempat di Masjid As-Salam, Jl. Masjid Assalam, RT.2/RW.4, Joglo, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, yang dilaksanakan secara offline dan online (Zoom Meeting). Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Ibu Hani Yuniani, M.I.Kom, selaku Perwakilan dari Panitia kegiatan pengabdian masyarakat yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari H. Akhmad Jauhari, SE selaku Perwakilan aktivis remaja masjid As-Salam, selanjutnya pengisian materi pertama oleh Sdr. Rico Arisandi sedangkan Bapak Jordy Lasmana Putra, M.Kom menjadi pembicara kedua setelah peserta melakukan Istirahat, pada kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 orang peserta dari aktivis remaja masjid As-Salam. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan pemaparan materi.

Kesan yang peserta sampaikan dalam kuesioner yang diberikan oleh panitia yaitu berharap untuk selalu ada kegiatan workshop secara continue disetiap waktunya, agar peserta mendapatkan ilmu secara positif serta menambah wawasan peserta dan dapat mengisi waktu peserta selama masa pandemi seperti saat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan pemberian souvenir dari panitia kepada perwakilan aktivis remaja masjid As-Salam dan juga dilakukan foto bersama oleh para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Mandiri. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberi manfaat bagi aktivis remaja masjid As-Salam serta dapat melatih dan mempelajari lebih jauh tentang pemanfaatan media sosial dalam membantu memperluas jangkauan dakwah.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri