Home / Berita Terbaru / Pembelajaran Jarak Jauh Yang di Terapkan di Masa Pandemi Covid-19

Pembelajaran Jarak Jauh Yang di Terapkan di Masa Pandemi Covid-19

Pada hari Minggu, 13 September 2020 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Program Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri melalui media online yaitu aplikasi Zoom. Kegiatan ini dilaksanakan pada mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00, dihadiri kurang lebih 28 orang Remaja Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin yang terletak di daerah Paninggilan Utara, Ciledug kota Tangerang.

Dalam pelaksanaanya di Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin para peserta tetap patuh terhadap protocol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Kegiatan dimulai dengan dibuka oleh Bapak Albert Riyandi, M.Kom sebagai ketua dan Ustadzah Dian Kurniasih sebagai Ketua Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai Pengetahuan umum tentang pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di era Pandemic Covid-19 terfocus fitur teknologi yang ada di Google. Setelah disampaikan fitur dilanjutkan dengan bagaiman cara pembuatan akun di google dan memanfaatkan teknologi yang sudah ada mulai dari Google Drive, Google Class bahkan Google Hangout yang disampaikan Bapak Vito Triantri, M.Kom kegiatan pengabdian ini juga dibantu Tutor lainya seperti Bapak Agus Wiyatno, M. Kom, Bapak Albert Riyandi, M. Kom, Bapak Nu’man Musyaffa, M.Kom, Serta Ibu Rizki Aulianita, M.Kom. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mahasiswa juga diikut sertakan yaitu Hemilda juprita, Salsa Helmina, Satria Nurgani dan Ariq Alsina.. Setelah itu tutor menjelaskan materi yang akan diberikan, sebelumnya peserta mendapatkan materi pembelajaran agar  lebih mudah dalam pemahaman materi, materi handsout dibagikan kepada peserta dan ditampilkan pula melalui menu Screen Share saat acara berlangsung. Tujuan diadakan pengabdian  masyarakat ini adalah agar Remaja Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin menjadi lebih paham teknologi yang diterapkan dimasa pandemic covid-19 untuk pembelajaran jarak jauh yang diterapkan serta dapat terjaga motivasi belajarnya. Dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan adalah Learning By Doing yaitu dimana para peserta diajarkan terlebih dahulu mengenai materi cara pembuatan akun di google, daftar di class room beserta cara pembelajarannya, menggunakan google hangsout sebagai komunikasi pertemuan secara virtual kelas. Apabila ada yang kurang mengerti ketika materi disampaikan, peserta dipersilahkan untuk bertanya dan tutor ataupun anggota pengabdian masyarakat lainnya siap membantu didalam menjawab pertanyaan peserta apabila ada kesulitan. Setelah peserta sudah paham atas materi yang disampaikan kemudian tutor memberikan latihan mengupload tugas, dan berinteraksi 2 serta menyapa teman-temanya melalui google hangsout, ternyata dari latihan tersebut peserta sangat antusias dalam mengerjakannya. Latihan yang diberikan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta paham dengan materi yang diberikan.

Dari pelatihan yang diberikan, pelatihan ini ternyata sangat membantu Remaja Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin. Hal ini dibuktikan dari kuesioner yang diberikan untuk mengetahui kepuasan peserta terhadap acara ini serta kegiatan yang dilakukan berjalan sangat lancar sampai akhir acara. Kemudian kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab tambahan. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dapat bermanfaat bagi Remaja Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin dan kami mengucapkan terima kasih kepada Ustadzah Dian Kurniasih, semua peserta dan dosen-dosen yang telah membantu kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat diadakan kembali bagi Remaja Majelis Ta’Lim Hidayatul Mubtadin dengan materi yang diinginkan oleh peserta.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri