Home / Berita Terbaru / Penyuluhan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial Serta Implementasi UU-ITE Terhadap Pencegahan HOAX Untuk Ibu-Ibu PKK Ulujami

Penyuluhan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial Serta Implementasi UU-ITE Terhadap Pencegahan HOAX Untuk Ibu-Ibu PKK Ulujami

Setiap semester dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri rutin mengadakan kegiatan yang disebut dengan Tridharma perguruan tinggi, kali ini dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan objek kegiatan dengan peserta terdiri dari Ibu-ibu PKK Ulujami dengan jumlah peserta sebanyak 19 orang. Waktu pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini pada hari Sabtu, tanggal 9 dan 16 Maret 2019, bertempat di Kampus STMIK Nusa Mandiri. Tema kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini mengambil tema “Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial Serta Implementasi UU-ITE Terhadap Pencegahan HOAX”, hal ini menarik untuk disampaikan, dikarenakan derasnya informasi HOAX yang disebar dimedia-media Sosial yang diterima Masyarakat.

Bentuk kegiatan yang akan dilakukannya dalam Pengabdian Masyarakat ini adalah melalui penyampaian materi dalam bentuk penyuluhan dan diskusi bagi ibu-ibu PKK Ulujami tentang penggunaan media social dengan bijak serta pengetahuan implementasi UU-ITE terhadap pencegahan HOAX.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Bakhtiar Rifai, M.Kom sebagai Ketua tim pelaksana, dengan Tutor pelaksana kegiatan diantaranya Ruhul Amin, M.Kom, Normah, M.Kom, Dinar Ajeng Kristiyanti, M.Kom, dan Frieyadie, M.Kom. Didukung oleh mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang diajak untuk terjun langsung kemasyarakat yaitu Ikro Bimantoro dan Akbar Rinaldi.

Sebagai ketua pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Bakhtiar Rifai mengatakan “Pengabdian Masyarakat ini memberikan pengetahuan supaya bijak dalam menggunakan media sosial serta mengimplementasi UU-ITE Terhadap Pencegahan Hoax, supaya ibu-ibu PKK untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan serta keterampilan ibu-ibu PKK Kelurahan Ulujami Ulujami Jakarta Selatan lebih memahami media sosial dan bijak menaggapi berita-berita yang mengandung unsur hoax atau berita bohong serta UU ITE”. Sebagai Dosen memiliki tanggung jawab untuk memberikan sumbangsih ilmu kepada masyarakat dapa berupa pelatihan ataupun penyuluhan.

Kegiatan ini ibu-ibu PKK Ulujami terlihat antusias mengukuti penyuluhan dengan tema HOAX, dikarenakan mereka mengalami dan menerima berita-berita HOAX, dan banyak diantara mereka yang mengajukan berbagai macam pertanyaan seputar HOAX yang tersebar diberbagai media Sosial. Kegiatan Pengabdian Masyarakat diharapkan berakhir dengan memberikan hal-hal positif dan bermafaat untuk masyarakat, kegiatan ini n diakhiri dengan foto bersama dengan ibu-ibu PPK Ulujami dan seluruh peserta yang hadir.

About Nur Ajijah