Home / Berita Terbaru / AKSI PEDULI COVID-19 BERUPA PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TENGAH PENDEMI COVID-19 PADA TPQ NURUL HUDA SUNTER

AKSI PEDULI COVID-19 BERUPA PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TENGAH PENDEMI COVID-19 PADA TPQ NURUL HUDA SUNTER

Dosen STMIK Nusa Mandiri melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19 berupa pelatihan pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran bagi guru dan santri TPQ Nurul Huda yang berlokasi di Sunter Muara Rt. 012 Rw.05 Kel. Sunter Agung, Kec. Tanjung Priok Jakarta Utara. Kegiatan kali ini dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi zoom dan diikuti oleh seluruh guru dan santri  pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 09.00 WIB. Hal ini dilakukan guna mengikuti protokol kesehatan yang telah diatur pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi saat ini.

Kelompok Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya adalah Endang Pujiastuti, M.Kom, selaku ketua dan para tutor yang terdiri dari Wulan Dari, M.Kom, Lia Mazia, S.Kom, MMSI, Lusa Indah Prahartiwi, M.Kom, Yuyun Yuningsih, M.Kom. Selain Dosen dalam kegiatan ini juga melibatkan beberapa  mahasiswa STMIK Nusa Mandiri dari program studi Sistem Informasi semester 4 dan semester 8 yaitu M Rawi Burhani, Amelia Futikha, Muhamad Rizky dan Dinda Oktarini Putri. Hal ini bertujuan agar mahasiswa juga memiliki pengalaman berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dalam menyampaikan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.  

Kegiatan dibuka oleh Bapak Yopi Handrianto selaku moderator dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para tutor. Materi pertama ditujukan bagi para guru yaitu tentang cara membuat kelas pembelajaran di Google Classroom. Selanjutnya Guru-guru juga diajarkan cara untuk mengundang para Santri untuk jadi siswa di Google Classroom. Setelah itu disampaikan juga cara untuk mengunggah materi dan pemberian tugas yang akan dikerjakan oleh para santri.

Materi kedua ditujukan bagi para santri, materi yang diberikan adalah cara santri untuk bisa mengakses Google Classroom melalui email dan menggunakan kode kelas yang sudah dibuat oleh para guru masing-masing. Setelah para santri berhasil untuk mengakses kelasnya masing-masing, para santri diminta untuk mengerjakan tugas yang sudah dibuat oleh guru dan diungguh melalui kelas masing-masing.

Setelah materi disampaikan semua dan seluruh peserta sudah berhasil untuk mengelola Google Classrom, kegiatan ditutup dengan quiz online yang hanya diikuti oleh para santri dan peserta yang masuk peringkat 3 besar akan mendapatkan voucher pulsa senilai lima puluh ribu rupiah.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pemanfaatan Google Classroom ini TPQ Nurul Huda Sunter tetap bisa melanjutkan kegiatan belajar dan mengajar ditengah suasana pandemi ini.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri