Home / Berita Terbaru / DOSEN STMIK NUSA MANDIRI EDUKASI PEMBELAJARAN SECARA ONLINE PADA YAYASAN RUMAH HARAPAN KARAWANG

DOSEN STMIK NUSA MANDIRI EDUKASI PEMBELAJARAN SECARA ONLINE PADA YAYASAN RUMAH HARAPAN KARAWANG

Dimasa Pendemik covid 19, sudah melanda Indonesia lebih dari delapan bulan terakhir ini sangat berdampak terhadap proses belajar mengajar, semenjak bulan Maret proses pembelajaran di Indonesia bahkan didunia sudah dilaksanakan secara daring (online learning), metode pembelajaran darling tersebut tentunya tidak menjadikan khususnya siswa/i siap baik dari sarana prasana ataupun dari media pembelajaran secara online khususnya dengan menggunakan googleclassroom dan Zoom. Terutama untuk keluarga kurang mampu khususnya siswa siswi yang tinggal di yayasan yatim piatu.

Dosen Program Studi Tehnik Informatika STMIK Nusa Mandiri mencoba membantu dari sisi pengenalan  pembelajaran dengan melaksanakan Tri darma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Pelaksaan kegiataan ini di lakukan secara online dan sesuai dengan protokol Physical. Pengabdian masyarakat di laksanakan pada sabtu (10/10) yang bertemakan “Pemanfaatan Pembelajaran Online di Tengah Pandemik COVID 19“ pada Yayasan Rumah Harapan Karawang, kegiatan yang berlangsung secara online dari jam 09.00 – 11.30 di ikuti siswa/i asuh Yayasan Rumah Harapan Karawang.

Tujuan diadakannya kegitan Pelatihan sebagai wujud pengabdian masayarakat serta sebagai wujud dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya bidang pengabdian yang melekat kewajibannya pada seluruh Dosen. Bagi para siswa/i asuh agar dapat memanfaatan media pembelajaran secara online di masa pandemik covid-19, agar tidak ketinggalan materi pembelajaran di sekolahnya. ujar Robi Sopandi ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat.

Kegiataan ini dilaksanakan secara online dimana para dosen menyampaikan materinya via aplikasi zoom, untuk para siswi asuh dikumpulkan di salah satu ruangan untuk bergabung menggukan aplikassi zoom yang ditampilkan dilayar. Selain itu juga dosen menyiapkan materi dalam bentuk modul dan tutorial  pelatihan agar nantinya dapat dipelajari lagi setelah pembelajaran selesai.

Muhamad Tabrani selaku pemateri menjelaskan aplikasi pembelajaran online apa saja yang saat ini dapat di manfaatkan yang saat ini paling mudah tentunya dengan menggunakan aplikasi Googleclassroom. Yang saat ini banyak dipakai oleh para pengajar di sekolah.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi anak asuh yayasan rumah harapan di mana anak Kami karena di sini memang sangat gagap teknologi karena tidak ada fasilitas untuk mengajarkan anak-anak yayasan seperti ini” Ujar slah satu Pendamping Yayasan.“ Kedepanya semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan bisa dilaksanakan secara offline agar lebih mudah dalam berinteraksi mengingat antusias siswi asuh yang sangat tinggi“ imbuhnya

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri