Home / Berita Terbaru / PEMANFAATAN IPTEK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR UNTUK MASYARAKAT PELA MAMPANG DI MASA PANDEMI

PEMANFAATAN IPTEK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR UNTUK MASYARAKAT PELA MAMPANG DI MASA PANDEMI

Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan subjek penelitian adalah bermacam- macam (WhatsApp, Google Classroom, Website),teknologi informasi dan komunikasi di era Industri 4.0 telah memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pengajaran dan pembelajaran. Kemudahan akses teknologi telah digunakan oleh para pengajar untuk memudahkan proses pembelajaran. Akses teknologi juga mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Sejak ditemukannya teknologi internet, hampir segalanya menjadi mungkin dalam dunia pendidikan. Saat ini peserta didik dapat belajar tidak hanya dimana saja tetapi sekaligus kapan saja dengan fasilitas sistem electronic learning yang ada. E-learning kini semakin dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan dan pelatihan, baik di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang, khususnya Indonesia. Banyak orang menggunakan istilah yang berbeda-beda untuk e-learning namun pada prinsipnya e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronik sebagai alat bantunya.

Dalam dunia kerja teknologi berkembang pesat baik dalam hal mempersentasikan dan mengolah data. Sehingga kami sebagai tenaga pendidik di Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Nusa Mandiri ingin berpartisipasi dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pelajar SMP,SMA dan yang sudah kuliah mengenai penggunaan Google Classroom Untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar Secara Daring Bagi warga RT.008/010 Pela Mampang.

Kegiatan berlangsung atas kerja sama Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Nusa Mandiri dan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 26 dan 27  September 2020 pukul 09.00-12.00 WIB secara online pada warga RT.008/010 Pela Mampang.   Kegiatan berlangsung dengan dibuka dengan sambutan oleh bapak Verry Riyanto, selaku Perwakilan dari Panitia kegiatan pengabdian masyarakat. selanjutnya pengisian materi di berikan oleh tutor di hari sabtu dan minggu, pada kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 orang sebagai peserta. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan pelatihan, Panitia memberikan Doorprize untuk para peserta pelatihan yang dapat menjawab pertanyaan dari tutor atau bisa menjelaskan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. serta pembagian souvenir berupa penggantian quota untuk semua peserta pelatihan.

Kesan yang mereka sampaikan pada panitia kegiatan pengabdian ini yaitu berharap untuk selalu ada kegiatan pelatihan baik secara online atau offline agar bisa menambah wawasan bagi para peserta karena sangat besar mamfaatnya bagi RT.008/010 Pela Mampang foto bersama secara online oleh para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberi manfaat bagi warga RT.008/010 Pela Mampang, Prapatan Jakarta Selatan serta dapat melatih dan mempelajari lebih jauh tentang penggunaan Google Classroom.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri