Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Dosen Universitas Nusa Mandiri mengadakan Pelatihan Mail Merge Untuk Pembuatan Surat Tugas Mengajar Pada TPQ ANNUR, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok Jakarta Utara

Dosen Universitas Nusa Mandiri mengadakan Pelatihan Mail Merge Untuk Pembuatan Surat Tugas Mengajar Pada TPQ ANNUR, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok Jakarta Utara

Dunia pendidikan sangat erat berhubungan dengan surat masal (mail merge), penguasan komputer akan sangat membantu kegiatan surat masal. Penguasaan komputer khususnya fasilitas mail merge (surat masal) yang ada dalam microsoft word dapat membuat surat masal secara mudah dan cepat. Permasalahan yang dihadapi oleh TPQ ANNUR yaitu belum memanfaatkan fasilitas mail merge (surat masal) dalam proses pembuatan surat tugas mengajar, pembuatan surat tugas mengajar masih secara manual dengan mengetik pada word satu persatu  sehingga menyebabkan data yang diolah tidak terintegrasi dengan baik dan dalam pembuatan surat memerlukan waktu yang lama. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu pengurus dan pengajar dalam membuat surat tugas mengajar dengan lebih cepat dan data dapat terintegrasi dengan baik dengan memanfaatkan fasilitas mail merge (surat masal). Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dengan memberikan pelatihan mail merge  bertujuan untuk pembuatan surat masal salah satunya yaitu surat tugas mengajar kepada para pengurus dan staff pengajar. Metode yang digunakan yaitu metode tutorial, metode tanya jawab dan metode praktik.

TPQ ANNUR merupakan salah satu tempat yang belum memanfaatkan fasilitas mail merge surat masal dalam proses pembuatan surat tugas mengajar masih secara manual  sehingga enyebabkan data yang diolah tidak terintegrasi dengan baik dan dalam pembuatan surat memerlukan waktu yang lama serta belum mengerti cara membuat surat tugas mengajar menggunakan fasilitas mail merge. TPQ ANNUR  berada pada kelurahan Warakas, secara Administrasi Pemerintahan merupakan salah satu yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Kota Administrasi Jakarta Utara yang terbagi menjadi 16 Rukun Warga (RW) dan 195 Rukun Tetangga (RT) dengan luas wilayah seluruhnya adalah 172.7 Ha dengan suhu udara 24-320 C. TPQ ANNUR  kegiatan pendidikan yang bersifat keagamaan, khususnya agama Islam, seperti membaca dan menulis Al Qur’an/IQRO serta materi keagamaan lainnya. TPQ ANNUR juga memasukan beberapa materi pendidikan umum seperti membaca, menulis dan berhitung angka nasional dengan kurikulum dan modul pelajaran yang disusun oleh pengurus. Permasalahan pada mitra adalah Pengurus TPQ ANNUR (surat masal) dalam proses pembuatan surat tugas mengajar masih secara manual  sehingga menyebabkan data yang diolah tidak terintegrasi dengan baik, Pengurus TPQ ANNUR dalam pembuatan surat tugas mengajar memerlukan waktu yang lama.

Dari permasalahan tersebut dosen-dosen Universitas Nusa Mandiri berupaya memberikan solusi dengan melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan kepada pengurus TPQ ANNUR dengan membuat surat tugas mengajar menggunakan fasilitas mail merge, untuk Membantu pengurus TPQ ANNUR dalam membuat surat tugas mengajar sehingga data dapat terintegrasi dengan baik. Kegiatan pelatihan kepada pengurus TPQ ANNUR dengan membuat surat tugas mengajar menggunakan fasilitas mail merge juga bertujuan untuk Membantu pengurus TPQ ANNUR dalam membuat surat tugas mengajar sehingga dapat lebih cepat selesai. Pengabdian kepada Masyarakat diadakan dalam bentuk pembuatan surat tugas mengajar dengan peserta adalah Pengurus dan pengajar TPQ ANNUR Kelurahan Warakas. Dengan adanya pelatihan ini, dapat memudahkan dan mempercepat bagaimana cara membuat surat tugas mengajar menggunakan mail merge sebagai pengetahuan dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pembuatan surat pada TPQ ANNUR Kelurahan Warakas. Berikut rincian rencana yang dilaksanakan setiap hari minggu selama empat kali pertemuan yaitu pada tanggal 14, 21, 28 November dan 5 Desember 2021 jam 09.30 – 11.30 yang dilaksanakan di Masjid Babah Alun, Papanggo Tanjung Priok, Jakarta Utara. Adapun yang menjadi panitia kegiatan pengabdian masyarakat adalah Ibu Prof. Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom selaku Penanggung Jawab, Bapak Hendri, M.Kom selaku Ketua pelaksanan, Tutor Ibu Melan Susanti, M.Kom, Ibu Umi Khultsum, S.Kom, Bapak Andi Saryoko, M.Kom dan juga ada beberapa mahasiswa yang terlibat antara lain Ali Ramadan (12182017 ), Agil Danu Brammastya (12182012),Muhammad Fadli (12182036), Rumaniyah (12182034 ), Muhammad Pramanca Wibawa (12182031), Eki Hamdani (12182021).

Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar hingga hari terakhir yaitu pada hari minggu, tanggal 4 Desember 2021 dengan dihadiri oleh beberapa pejabat dari mitra yaitu Pengurus POKJA TKQ/TPQ Bapak Ustadz Ade Saifudin S. Pd.I. M. M. ( Ketua POKJA Tingkat Propinsi DKI Jakarta), Bapak Ustadz Agus Supriyadi S. Sos (Ketua POKJA Tingkat Kota Jakarta Utara), Ibu Ustadzah Nurhikmah, S.Sos (Ketua POKJA Tingkat Kecamatan Tanjung Priok), Ibu Ustadzah Nuraini, S.Pd.I (Ketua Panitia Acara dari POKJA), Ustadz/Ustadzah Kepala TPQ Wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Ustadz/Ustadzah Pengurus dan Staff Pengajar TPQ selaku Peserta Pelatihan. (ASY)

About $T$

PPPM Nusa Mandiri