Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Optimalisasi Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Yang Efektif Pada Masa Pandemi Covid-19

Optimalisasi Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Yang Efektif Pada Masa Pandemi Covid-19

Pembukaan Pengabdian Masyarakat via Zoom Meeting dimasa Pandemi Covid-19

Jakarta – Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari salah satu Tri Dharma Pendidikan yang rutin dilakukan. Pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini Mitra Pengabdian Masyarakat dalam program ini adalah anak-anak pengajian Majelis Talim Hidayatul Mubtadiin yang berlokasi di Kecamatan Ciledug Kelurahan Peninggilan Utara Kota Tangerang.  Majelis Talim ini memiliki anggota sebagian besar terdiri dari anak-anak mulai usia 7 tahun sampai dengan 17 tahun. Aktivitas / kegiatan yang dilakukan anak-anak di dalam Majelis Talim ini diantaranya mendengarkan ceramah  tentang Al Qur’an – Hadits, Aqidah – Akhlak, Fiqih, kemudian anak-anak juga diajarkan mengenai bagaimana menulis arab mengenai hadits dan doa-doa. Pembacaan Yaasin oleh anak-anak juga dilakukan satu kali dalam satu minggu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak dibimbing oleh guru-guru atau para ustadz  dan ustadzah.

STMIK Nusa Mandiri merupakan salah satu perguruan tinggi yang berbasiskan teknologi memiliki kepedulian tinggi pada kondisi pendidikan saat ini dengan memberikan respon kebijakan di atas sebagai sebuah panggilan moral demi terwujudnya masyarakat adil, beradab serta berdaya saing dan mandiri. Dengan landasan tersebut, kami bermaksud menyelenggarakan Dharma pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dengan tema “Optimalisasi Google Classroom untuk Mendukung Pembelajaran yang Efektif pada Masa Pandemi untuk Anak-Anak Majelis Talim Hidayatul Mubtadiin”. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam menggunakan media pembelajaran Google Classroom agar proses kegiatan belajar yang saat ini dilakukan secara daring bisa lebih efektif.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 14 Maret 2021 dimulai dengan pembukaan oleh pimpinan majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin yaitu ustadzah Dian Kurniasih, beliau sangat terbantu dengan adanya pengabdian masyarakat ini karena bisa membantu anak-anak mengetahui mengenai Google Classroom. Kegiatan dilakukan melalui virtual Zoom Meeting.

Tutor pada kegiatan ini adalah Bapak Kursehi, M.Kom dan diikuti juga oleh mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang membantu jalannya kegiatan pengabdian masyarakat ini.  Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah  Terdapat peningkatan pengetahuan tentang ilmu komputer khususnya penggunaan dan optimalisasi Google Classroom terutama untuk mendukung pembelajaran yang efektif di masa Pandemi Covid-19 dan Peserta mampu menerapkan penggunaan aplikasi Google Classroom untuk mendukung pembelajaran sehari-hari di masa Pandemi Covid-19.

About Faruq Aziz