Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pelatihan Membuat Laporan Sederhana Bagi Kader Posyandu Seruni

Pelatihan Membuat Laporan Sederhana Bagi Kader Posyandu Seruni

Jakarta – Masa pandemi menimbulkan guncangan besar bagi semua aspek, dampak yang ditimbulkan oleh adanya pandemi ini adalah dilarangnya setiap orang untuk saling bertemu atau bertatap muka secara langsung, dan diharuskannya masyarakat untuk menjaga jarak minimal 2 meter apabila hendak bertemu dan juga adanya larangan berkerumun, selain adanya anjuran dari pemerintah, masyarakat juga memiliki kesadaran yang besar terkait oleh adanya bahaya yang besar apabila mereka melanggar aturan dari pemerintah tersebut. Namun pengabdian masyarakat oleh para dosen-pun harus tetap dijalankan sebagai pemenuhan tri dharma perguruan tinggi. Disamping itu, Kader posyandu Seruni banyak yang ingin mendapatkan ilmu tentang pembuatan laporan sederhana dikarenakan dengan diadakannya pelatihan sederhana pembuatan laporan akan sangat membantu para kader posyandu dalam membuat laporan.

Berdasarkan masalah diatas para dosen dan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang saat ini telah berganti nama menjadi Universitas Nusa Mandiri tergagas untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan Membuat Laporan Sederhana Bagi Kader Posyandu Seruni. Tujuan dari dibuatnya pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mitra kami yaitu posyandu Seruni komplek kehakiman dan HAM agar para kadernya memiliki pengetahuan tambahan mengenai cara membuat laporan keuangan sederhana dalam melakukan pelayanan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat khususnya di RW 01 Kel.Buaran Indah Kota Tangerang.

Gambar 1. Foto bersama

Pelatihan yang diketuai oleh Ibu Narti, M.Kom dan pemberian materi yang dibawakan oleh Ibu Hylenarti Hertyana, M.Kom  dengan dibantu Ibu Fatmawati, M.Kom beserta kelima mahasiswa Program Studi Sistem Informasi diantaranya Fita Artinis Oktaviani Waruwu, Adrianus Reinaldo Jehamin, Teresa Delfia Rere, Yogisiantono, dan Maya Pratiwi telah berjalan dengan lancar pada hari Sabtu, tanggal 3 April 2021.

Gambar 2. Penyampaian materi

Penyampaian materi dilakukan berupa ceramah untuk menyampaikan materi teori, dilanjutkan dengan praktikum pada Microsoft Excel, dan diakhiri dengan tanya jawab dengan peserta. Pelatihan ini dihadiri 20 orang kader Posyandu Seruni dan dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom sebagai media penyampaian materi namun ada juga beberapa panitia yang hadir di tempat guna mengatur proses kegiatan serta untuk membagikan souvenir yang telah disiapkan untuk kegiatan ini tentunya dengan tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan demi memutus penularan virus Covid-19. Kegiatan berjalan dengan baik dan penuh antusiasme dari peserta diharapkan melalui kegiatan ini, para kader Posyandu Seruni dapat langsung mengoperasikan Microsoft Excel serta mengimplementasikannya dalam dunia kerja.

Gambar 3. Penyerahan souvenir

About Faruq Aziz