Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / PELATIHAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN EXCEL UNTUK MEMUDAHKAN PEMBUATAN LAPORAN BAGI PENGURUS FATAYAT NU CILEDUG

PELATIHAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN EXCEL UNTUK MEMUDAHKAN PEMBUATAN LAPORAN BAGI PENGURUS FATAYAT NU CILEDUG

Pandemi covid-19 di Indonesia tidak terasa sudah hampir 2 Tahun lamanya, sehingga dampak daripada pandemi ini pun terasa sangat panjang dan berkesinambungan. Selain dampak terhadap ekonomi, masyarakat juga terdampak secara sosial salah satunya adalah pembatasan-pembatasan kegiatan- kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat yang mana juga berdampak langsung pada perputaran ekonomi masyarakat. Penerapan social distancing dan kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pun  kian mempersuliat gerak kegiatan-kegiatan masyarakat. Padahal tidak mungkin perekonomian masyarakat bisa berjalan kalau semuanya hanya dirumah saja.Pada situasi seperti ini organisasi-organisasi yang bergerak dibidang kegiatan sosial dan keagamaan sangat dibutuhkan  masyarakat untuk menghadapi pandemic covid 19. Pengharapan masyarakat akan organisasi yang bergerak dibidang kegiatan sosial ini pun sangat besar, karena kehadiran organisasi seperti ini setidaknya dapat bergerak untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan dimasa pandemi covid-19 ini. Fatayat Nahdathul ‘Ulama merupakan salah satu organisasi pemudi (wanita muda) Islam yang sangat aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan di wilayah Ciledug.

Ditengah kepadatan aktivitas organisasi Fatayat NU, ada beberapa kendala yang dialami diantaranya dalam membuat pembukuan dan pembuatan laporan keuangan organisasi tersebut. Hal ini dikarenakan organisasi ini terbentuk dari berbagai latar pendidikan pemudi yang rata-rata tidak menguasai komputerisasi. Pada kesempatan ini Universitas Nusa Mandiri dan Universitas Bina Sarana Informatika melakukan kerjasama pengabdian masyarakat untuk dapat mempermudah membuat laporan keuangan dengan memberikan pelatihan kepada pengurus organisasi Fatayat NU menggunakan Microsoft excel. Selain peserta pengabdian masyarakat kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi UNM(Universitas Nusa Mandiri) Program studi Teknik Informatika diantaranya, Ricardo Pratama, David Zevanya, Fuad Ashadi, Ratih Tsamara Setiani, dan Resma Dewi Safitri yang merupakan mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri kampus Jatiwaringin.  Kegiatan yang dilakukan berupa pemaparan teori dan praktek mengenai cara menggunakan Microsoft excel untuk membuat laporan keuangan

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Oktober dan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom yang diawali sambutan dari Ibu Frida Amarilis, SHI selaku ketua Fatayat NU Ciledug dan dilanjutkan sambutan dari Bapak Frieyadi sebagai perwakilan dari Universitas Nusa Mandiri, Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh ibu Sandra Dewi Saraswati, M.Kom. Acara berlangsung dengan suasana yang himat, dan sangat terasa antusiasme dari para peserta dengan ditandai banyak pertanyaan dari para peserta pengabdian masyarakat. Setelah acara selesai panitia membagikan sedikit doorprize sebagai tanda kenang-kenangan bagi para peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari panitia. Doorprize diberikan kepada peserta yang beruntung yaitu ibu Wiwin dan Ibu Fatiyah, sehingga suasana acara berubah dari hikmat menjadi seru sekali.

Kesan yang peserta sampaikan dalam kuesioner yang diberikan oleh panitia yaitu pelatihan ini sangat bermanfaat, dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Sedangkan saran dan harapan peserta adalah ada kelanjutan dari workshop seperti ini dan antusiasme peserta pengabdian masyarakat tergambar dari banyaknya peserta yang meminta agar pengabdian dapat dilakukan secara tatap muka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan bagi organisasi Fatayat Nahdatul Ulama Ciledug atas partisipasi dan kerjasamanya dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Mandiri, dan foto bersama oleh para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Mandiri. Harapan kami dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan motivasi bagi organisasi Fatayat NU dalam memperbaiki kualitas pelaporan keuangan organisasi, sehingga selanjutnya mudah bagi organisasi Fatayat NU untuk mengembangkan kegiatan sosial yang lebih besar sehingga memperluas jangkauan kegiatan Fatayat NU Ciledug ke seluruh Indonesia.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri