Home / Berita Terbaru / Pelatihan Pembuatan Design Sertifikat Menggunakan Photoshop Guna Mendukung Kreatifitas Anak-Anak Yayasan Nurul Aitam Sebagai Upaya Untuk Membangun Kewirausahaan Diera Milenial

Pelatihan Pembuatan Design Sertifikat Menggunakan Photoshop Guna Mendukung Kreatifitas Anak-Anak Yayasan Nurul Aitam Sebagai Upaya Untuk Membangun Kewirausahaan Diera Milenial

STMIK Nusa Mandiri kembali memberikan ilmu-ilmu bermanfaatnya melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu, 23 Maret 2019 pada anak-anak Yayasan Nurul Aitam yang beralamatkan di Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok. Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Kampus STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan berbagi ilmu pengetahuan khususnya dibidang ilmu komputer kepada masyarakat, dengan harapan ilmu tersebut dapat bermanfaat dalam kehidupan mereka. Selain itu kegiatan ini juga rutin dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan tridarma peguruan tinggi yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat. Kegiatan yang rutin diadakan setiap semesternya dengan materi yang selalu berinovatif membuat antusias kepada peserta pengabdian masyarakat. Bidang ilmu komputer sangat luas, tidak hanya melihat fisik saja itu komputer, cara menyalakannya tapi bagaimana cara mengoperasikan aplikasi komputer dengan baik dan benar.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang awam terhadap teknologi saat ini. Teknologi selama ini yang mereka tau cuma di dunia handphone tetapi ada dunia teknologi lain yang harus mereka pahami. Mendisain adalah proses kreatifitas dari masing-masing orang untuk menuangkan ide-ide yang mungkin bermunculan di pikiran namun tidak tau harus menuangkannya dimana. Kegiatan ini membantu sekali dalam mendisain sertifikat, bagaimana pemberian warna, penulisan huruf tebal maupun italic atau cetak miring serta penambahan tools pada menu bar.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di Kampus STMIK Nusa Mandiri, yang dihadiri oleh peserta dari 12 orang anak-anak Yayasan Nurul Aitam. Pada saat kegiatan berlangsung peserta terlihat sangat antusias dalam belajar. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh ketua pelaksana pengabdian masyarakat yaitu ibu Duwi Cahya Putri Buani, M.Kom, kemudian langsung disampaikan materi pengabdian masyarakat yang disampaikan oleh bapak Yamin Nuryamin, M.Kom. Dalam materinya beliau menjelaskan tentang bagaimana cara membuat disain sertifikat dengan menggunakan photoshop dan tools-tools apa saja yang digunakan dalam pembuatan disain sertifikat tersebut. Memberikan pemaparan tentang penambahan layer, memasukan gambar, memotong gambar, serta memberikan gradiasi warna pada tampilan sertifikat. Peserta pengabdian masyarakat mempraktekkannya di komputer Kampus STMIK Nusa Mandiri Jakarta dengan dibantu oleh bapak dan ibu dosen yang lain.

Bapak dan Ibu dosen mendampingi disetiap penjelasan dan latihan yang diberikan oleh Tutor yang menjelaskan tentang materi disain sertifikat. Peserta pengabdian masyarakat tidak pernah ragu dan segan untuk menanyakan masalah yang mereka hadapi saat itu, entah ada anak yang lupa cara duplicate layer bahkan ada yang aplikasinya di close. Saat diberikan latihan untuk membuat disain, buatlah desain sertifikat dengan tampilan yang berbeda dan gradiasi warna membuat para peserta berselanjar dalam imajinasi yang begitu luas. Ide-ide yang ada dipikiran mereka tuangkan dalam lenturan dan gemulainya memainkan mouse untuk mendapatkan disain sertifikt yang inovatif.

Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar sampai dengan akhir acara. Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi Yayasan Nurul Aitham, ketika Yayasan Nurul Aitham mengadakan kegiatan mereka dapat membuat dan mendisain sertifikat dengan ciamik tanpa harus pergi ke percetakan untuk minta didisainkan dan kemudian dicetak. Kemudian Setelah kegiatan belajar mengajar selesai dilaksanakan, diakhir sesi dilakukan foto bersama guna sebagai dokumentasi dan mendekatkan diri kepada peserta serta ucapan syukur dan terimakasih atas partisipasi mereka sebagai peserta pengabdian masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan dan dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan STMIK Nusa Mandiri terus memberikan ilmu-ilmu bermanfaat pada masyarakat. (DCP)

About admin