Home / Berita Terbaru / Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ms.Excel Sebagai Penunjang Kinerja Bagi Perangkat Desa dan Ibu-Ibu Kader PKK Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Bogor

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ms.Excel Sebagai Penunjang Kinerja Bagi Perangkat Desa dan Ibu-Ibu Kader PKK Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Bogor

Pengabdian pada Masyarakat (PM) merupakan salah satu kegiatan Tri Darma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen.  Tidak terkecuali para dosen dari Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Nusa Mandiri, kali ini melakukan Pengabdian Masyarakat di desa Kota Batu, kecamatan Ciomas, kota Bogor. Pesertanya adalah perangkat desa Kota Batu dan ibu-ibu PKK.

Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu 05 September 2020, pada pukul 09.00 – 12.00 wib di aula kelurahan kota batu, dengan mengambil tema : “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ms. Excell sebagai Penunjang Kerja Bagi Perangkat Desa dan Ibu-ibu Kader PKK Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Bogor. Pelatihan ini dilakukan secara online mengingat kegiatan ini  dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PSBB di kota bogor. Namun tidak mengurangi antusias peserta mengikuti pelatihan ini karena memang sangat membantu untuk di terapkan pada tugas keseharian perangkat desa dan ibu-ibu PKK. Pelatihan ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom yang di pandu oleh beberapa dosen sebagai tutornya yang dipublikasikan melalui youtube.

Sebagai ketua dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah ibu Cahyani Budihartanti, M,Kom., dan tim tutornya adalah  Indah Purnamasari, ST, M.Kom, Tuslaela, M.Kom., Laila Septiana, M.Kom, Sri Rusiyati, S.E, M.M, dan mahasiswa yang turut serta adalah Hariadi Pujiana Setiawan, Adella Salsabila Ahmad, Arinta Mauli dan Mochamad Randika Hasanuddin.

Di akhir pelatihan peserta diberikan latihan sebagai uji kemampuan dan penilaian berhasil atau tidak pelatihan tersebut. Dari latihan tersebut diketahui bahwa pelatihan yang diberikan oleh panitya dapat dipahami oleh peserta karena hasilnya sangat memuaskan. Mudah-mudahan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta dari elemen perangkat dan ibu-ibu yang tergabung dalam PKK desa Kota Batu, kecamatan Ciomas, kota Bogor dan dapat di terapkan dalam ppelaksanaan sehari-hari.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri