Home / Berita Terbaru / PEMANFAATAN GOOGLE MEET PADA SOSIALISASI HIDUP BERSIH DAN KEGIATAN KEMANUSIAAN TERDAMPAK COVID 19

PEMANFAATAN GOOGLE MEET PADA SOSIALISASI HIDUP BERSIH DAN KEGIATAN KEMANUSIAAN TERDAMPAK COVID 19

Saat ini virus Covid 19 telah mewabah menjadi pandemi hampir di seluruh negara-negara di dunia termasuk di Indonesia. Upaya-upaya pemutusan rantai penyebaran virus ini digalakkan oleh pemerintah Indonesia untuk diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu dengan dengan menjaga kebersihan ekstra dengan rutin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak aman (Social Distancing). Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengerti bagaimana menghadapi situsi kondisi saat dilimpah virus covid-19, banyak masyarakat yang masih tidak peduli akan peraturan pemerintah yang menganjurkn untuk sering mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak aman.

Upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 pemerintah juga memberlakukan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) yang dianggap mampu mempercepat penanggulangan sekaligus mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas di Indonesia. Akan tetapi upaya PSBB ini memiliki beberapa dampak yang dirasakan masyarakat, diantaranya pedang kecil, ojeg online serta masyarakat kecil menengah kebawah, mereka sangat kesulitan untuk mencari nafkah disaat kondisi seperti itu.

Untuk itu, STMIK Nusa Mandiri Jakarta yang diketuai oleh bapak Rachman Komarudin, M.Kom mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pemanfaatan Google Meet pada Sosialisasi Hidup Bersih dan Kegiatan Kemanusiaan Terdampak Covid 19 di jalan Margonda Raya Rw. 07 Pondok Cina Beji Depok. Kegiatan ini diadakan selain menjadi salah satu kewajiban bagi seorang dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan upaya-upaya memutus rantai penyebaran virus Covid 19 dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet kepada warga khususnya Rw. 07 Pondok Cina Beji Depok.

Selain itu memberikan sosialisasi melalui media Google Meet, bapak Rachman Komarudin, M.Kom dibantu empat dosen dan empat mahasiswa Program Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri juga melaksanakan aksi kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang terdampak virus ini.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 30 April 2020 melalui media Google Meet yang diikuti 20 anggota warga Rw. 07 Pondok Cina Beji Depok . Sedangkan kegiatan aksi kemanusiaan bertempat di Jl. Margonda Raya Pondok Cina Beji Depok yang diikuti oleh 100 Orang, baik pengendara sepedah motor, Pengendara Ojek Online, Supir angkutan Umum atau Pejalan Kaki yang melintas.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat bermanfaat memberi edukasi, informasi serta membantu warga khususnya Rw. 07 Pondok Cina Beji Depok yang terdampak virus Covid 19.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri