Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Mail Merge Pada Microsoft Word Untuk Pembuatan Dokumen Surat Menyurat Bagi Staff Desa Kota Batu Bogor

Pemanfaatan Mail Merge Pada Microsoft Word Untuk Pembuatan Dokumen Surat Menyurat Bagi Staff Desa Kota Batu Bogor

Berkembangnya teknologi informasi mengharuskan masyarakat untuk mengikuti perkembangannya. Hampir seluruh masyarakat baik organisasi, dunia pendidikan, instansi pemerintahan maupun swasta memanfaatkan Microsoft Word. Manfaat Microsoft Word dapat membuat berbagai jenis dokumen seperti surat, sertifikat, label. Banyak fitur yang terdapat dalam Microsoft Word yang dirasa kurang familiar digunakan, terutama oleh staff Desa Kota Batu, ini merupakan salah satu kendala yang dialami oleh staff Desa Kota Batu. Salah satu fitur yang jarang sekali digunakan adalah kurang maksimalnya penggunaan fitur mail merge. Mail merge dapat memudahkan dalam pekerjaan seperti pembuatan surat dalam jumlah banyak. Berdasarkan hasil pemikiran tersebut maka staff Desa kota Batu membutuhkan pelatihan penggunaan Mail Merge pada Microsoft Word. Mendengar kebutuhan pelatihan tersebut dosen Universitas Nusa Mandiri menggagas sebuah kegiatan berupa pengabdian masyarakat sekaligus sebagai penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pelatihan dengan thema ”Pemanfaatan Mail Merge Pada Microsoft Word Untuk Pembuatan Dokumen Surat Menyurat Bagi Staff Desa Kota Batu Bogor” ini diadakan di Aula Kantor Desa Kota Batu pada hari Sabtu, tanggal 25 September 2021. Metode yang akan diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ceramah untuk memberikan penjelasan mengenai teori dan simulasi serta tanya jawab untuk metode praktikumnya. Namun, dikarenakan masih di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),  maka kegiatan diadakan secara luring dengan sebagian panitia yang hadir ke lokasi pelaksanaan untuk mendampingi peserta dan ada sebagian dari dosen serta mahasiswa yang daring melalui aplikasi Zoom. Hal ini dilakukan untuk mendukung anjuran dari pemerintah dalam mengurangi aktivitas dan kerumunan.

Kegiatan ini dimulai jam 09.00 sampai dengan jam 12.00 dengan dihadiri 20 peserta. Ibu Hylenarti Hertyana, M.Kom selaku tutor memberikan materi berupa pembuatan surat dengan menggunakan mail merge. Kegiatan ini mendapat respon cukup baik dari peserta. Peserta terlihat sangat antusias dalam mendengarkan dan mempraktekkan apa yang disampaikan tutor. Ibu Hylenarti Hertyana, M.Kom  yang dibantu ke-4 dosen lainnya yaitu ibu Eka Rini Yulia, M.Kom, ibu Lilyani Asri Utami, M.Kom, ibu Fattya Ariani, M.Kom, dan bersama 7 mahasiswa Universitas Nusa Mandiri mendampingi peserta dari awal pelatihan hingga selesai. Diakhir kegiatan panitia dan peserta pengabdian mengadakan foto bersama. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan staff Desa Kota Batu dalam mengolah dokumen surat menyurat.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri