Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Bagi Kaum Millenial

Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Bagi Kaum Millenial

Seiring dengan maraknya perkembangan teknologi digital dan pendidikan yang beralih seketika dengan pendidikan online membuat generasi muda semakin erat kesehariannya dengan teknologi. Tanpa ada arahan yang tepat tentang literasi digital mereka bisa terjerumus ke efek negatif penggunaan teknologi digital karena banyak sekali aplikasi-aplikasi dan informasi yang tidak cocok untuk generasi muda akan tetapi disatu sisi dengan mudahnya generasi milenial saat ini bisa bersentuhan dengan hal tersebut.

Jika generasi muda sudah memahami literasi digital, maka jika mereka membaca berita atau informasi di luar mereka bisa mulai menganalisa dan berpikir lebih jauh apakah berita itu benar adanya atau tidak. Sifat kritis mereka (generasi muda) bisa terarah dengan tepat dan tidak menjadi boomerang terhadap generasi muda itu sendiri. Seperti kasus-kasus dimana generasi muda yang sangat kritis mulai membully temannya secara online di media sosial, memahami bahwa hal tersebut bisa menyebar kemanapun dan berakibat tidak baik bagi yang bersangkutan maupun temannya. Generasi muda harus sudah  lebih bijak walaupun usia mereka masih belia hal ini tidak menjadi batasan mereka dalam memahami hal-hal yang baik atau buruk dalam teknologi yang bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari.  Melalui literasi digital diharapkan akan terbentuk karakter generasi muda yang lebih baik tetapi juga update dengan teknologi.

Menyadari akan pentingnya akan hal tersebut, maka dosen Universitas Nusa Mandiri tergerak untuk membantu generasi muda saat ini memahami literasi digital tersebut. Dosen Universitas Nusa Mandiri melaksanakan pengabdian kepada masyarakat kepada Karang Taruna RT: 14/RW: 01 Rusun Rawa Buaya, Cengkareng yang merupakan karang taruna yang berlokasi di jalan Dharma Wanita 3, Rawa Buaya, Cengkareng Jakarta Barat. Posisinya tepat berada di Jalan Tol Lingkar Luar perempatan Cengkareng. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021 pukul 10:00 WIB hingga 12:30 WIB.

Pada saat Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, ada beberapa dosen yang ditugaskan untuk berada ditempat kegiatan yaitu untuk mengatur jalannya kegiatan dan sebagian mahasiswa dan dosen mengikuti kegiatan secara online melalui aplikasi zoom. Ketua pelaksana kegiatan, Bapak Maruloh, M.Kom mengingatkan kepada para peserta pengabdian masyarakat akan pentingnya memahami literasi digital.

Pada kesempatan yang sama, ketua karang taruna RT: 14/RW: 01 Rusun Rawa  Buaya, Cengkareng Lutfiana juga menyampaikan rasa terimakasih kepada dosen Universitas Nusa Mandiri khususnya atas ilmu yang diberikan kepadanya dan juga anggota karang taruna.

Pada akhir sesi pengabdian masyarakat, dosen Universitas Nusa Mandiri juga tidak lupa memberikan bingkisan berupa masker kepada peserta, agar selalu mengingat bahwa tetap harus menjaga protocol kesehatan agar pandemi cepat berlalu.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri