Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Media Sosial Untuk Sarana Memasarkan Produk Secara Online

Pemanfaatan Media Sosial Untuk Sarana Memasarkan Produk Secara Online

Hampir semua sendi kehidupan terdisrupsi oleh pandemic Covid-19. Tidak hanya berdimensi Kesehatan dan kemanusiaan akan tetapi telah merembet labih jauh dan berdampak sangat kuat pada sector ekonomi, geopolitik dan budaya. Kapan pandemi ini akan berakhir pun tidak bisa diketahui pasti, dunia seolah masuk dalam situasi ketidakpastian yang permanen sampai dengan adanya ekuilibrium baru yang terbentuk. Pemerintah dunia berusaha sekuat tenaga membuat segala upaya untuk mencegah penyebaran pandemi termasuk Indonesia. Akan tetapi setiap upaya yang dilakukan pemerintah dengan membuat peraturan yang meminimalisasi perkumpulan massa dan pemberlakuan protokol Kesehatan telah mengubah prilaku konsumen, baik konsumen individu maupun konsumen organisasi.Kemudian tidak semua usaha juga mengalami penurunan atau kebangkrutan. Salah satu usaha yang mengalami peningkatan pada masa pandemi tentu saja adalah usaha di bidang obat-obatan dan alat kesehatan. Usaha lainnya yang juga mengalami peningkatan pada masa pandemi yaitu usaha tanaman hias dan kuliner. Atas dasar itulah pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Rukun Tetangga (RT) 017 Rukun Warga (RW) 008 Perumahan Griya Srimahi Indah Bekasi yaitu memanfaatkan sektor yang mengalami peningkatan di masa pandemi sperti di atas dan memberikan pelatihan agar masyarakat tetap bisa memasarkan produknya dan bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi yang belum sepenuhnya usai.

Pengabdian masyarakat ini, kami membekali peserta dengan pengetahuan bagaimana  memaksimalkan fungsi sosial media agar bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara online dan menambah penghasilan. Sehingga peserta yang sudah mempunyai produk bisa mengikuti pperkembangan pola dan prilaku pasar khususnya untuk UMKM yang notabennya berada di ekosistem yang mengikuti mekanisme market-driven, dan di harapkan peserta bisa merespons dan menyesuaikan perubahan tersebut.

Kegiatan berlangsung selama satu hari pada hari Sabtu, tanggal 06 November 2021 pukul 08.30-14.00.00 WIB bertempat RT.017 RW.018, yang dilaksanakan secara offline dan online (Zoom Meeting). Kegiatan dibuka oleh Sdri Sri Rahayu M.Kom selaku Moderator kegiatan PM kali ini lalu acara selanjutnya dimulai dgn sambutan oleh Bapak Andi Saryoko M.Kom, selaku Perwakilan dari Panitia kegiatan pengabdian masyarakat yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bpk. Arif Rahadi selaku Sambutan Perwakilan RT setempat, selanjutnya pengisian materi oleh Bapak Achmad Maezar Bayu Aji, M.Kom, pada kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh kurang lebih 15 orang peserta dari usia remaja sampai dewasa. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan pemaparan materi.

Kegiatan berlangsung atas kerja sama Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), selain itu kegiatan juga diikuti oleh beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Informatika diantaranya: Tedy Aldiansyah,Fri Syaegul Alfa Renaldi,Ahmad Afandy, Sostenes Tamba, Angga Cahya Perdana yang merupakan Mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri Kampus Bekasi. Kegiatan berupa pemaparan teori dan praktek mengenai seluk beluk sosial media, mulai dari pengenalan sosial media dan macam-macam sosial media, memberitahu fitur-fitur yang jarang di gunakan dan bagaimana memanfaatkannya agar bisa di manfaatkan untuk memasarkan produk.

Kesan yang peserta sampaikan dalam kuesioner yang diberikan oleh panitia yaitu berharap untuk selalu ada kegiatan pelatihan secara berkelanjutan, agar peserta mendapatkan ilmu secara positif serta menambah wawasan peserta dan dapat mengisi waktu peserta selama masa pandemi yang belum sepenuhnya usai seperti saat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan pemberian souvenir dari panitia kepada perwakilan peserta warga RT 017 RW 08 Griya Srimahi Indah dan juga dilakukan foto bersama oleh para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Mandiri. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberi manfaat bagi Peserta serta dapat melatih dan mempelajari lebih jauh tentang pemanfaatan media sosial dalam membantu memasarkan produk secara online.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri