Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Peran Ibu pada Era Digital

Peran Ibu pada Era Digital

Gambar 1. Peran ibu pada era digital

Dosen STMIK Nusa Mandiri memberikan materi tentang “Peran Ibu pada Era Digital”. Materi ini disampaikan secara online kepada Ibu-Ibu Fatayat Nahdatul Ulama (NU) Kecamatan Ciledug, Tangerang. Acara ini terselenggara dalam rangka acara pengabdian masyarakat pada semester Genap 2020/2021 Kampus STMIK Nusa Mandiri.

Gambar 2. Penggunaan Media Sosial

Kegiatan ini bertujuan membantu para ibu dalam mendampingi putra putrinya saat menggunakan smartphones. Salah satu kegiatan yang sering digunakan saat menggunakan smartphone yaitu media sosial. Peran seorang ibu selain bisa berorganisasi, juga dituntut memiliki peran yang lain saat berada dirumah.

Saat ini perkembangan digital semakin pesat. Seorang Ibu harus bisa mendampingi putra putrinya saat menggunakan perangkat digital, karena ada dampak positif dan negatif dengan adanya penggunaaan digital, khususnya untuk social media.

Gambar 3. Sesi tanya jawab

Acara pengabdian masyarakat ini diselenggarakan pada hari Sabtu 27 Maret 2021. Acara dimulai dari jam 08.30 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) adalah sebuah organisasi pemudi (wanita muda) Islam, merupakan salah satu lembaga otonom dilingkungan Nahdlatul Ulama. Didirikan di Surabaya 24 April 1950 M, bertepatan dengan 7 Rajab 1369 H. Fatayat NU Ciledug Tangerang berlokasi di Jl. Hj. Mencong GG Mekarjaya Peninggilan utara, Ciledug-Tangerang. Acara ini diikuti oleh 30 orang yang berasal dari anggota organisasi Fatayat NU kecamatan Ciledug. Organisasi ini beranggoatakan wanita muda Islam yang berada didaerah Ciledug. Oranisasi pemudi ini aktif mengadakah kegiatan seperti kegiatan sedekah dan pengajian. Kegiatan berjalan dengan lancar dan antusias, diharapkan dengan adanya kegiatan ini peran ibu semakin pintar dalam menggunakan teknologi digital guna mengontrol tumbuh kembang anak.

About Faruq Aziz