Home / Berita Terbaru / Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi Tahun 2019

Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi Tahun 2019

Depok – Demi meningkatkan publikasi karya ilmiah internasional bereputasi, STMIK Nusa Mandiri bersama dengan PPPM STMIK Nusa Mandiri menggelar “Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Bereputasi Tahun 2019” pada Jum’at, 27 September 2019. Acara ini menghadirkan Ibu Ir. Media Anugerah Ayu M.Sc, PhD selaku pembicara, dilaksanakan di aula Nusa Mandiri Tower Margonda, Depok. Para peserta yang hadir terdiri dari dosen di lingkungan STMIK Nusa Mandiri dan mahasiswa pascasarjana STMIK Nusa Mandiri yang telah lulus sidang tesis dan akan di wisuda pada tahun ini.

Dimulai dengan sambutan dari Ibu Nita Merlina, M.Kom selaku Wakil Ketua Bidang Akademik STMIK Nusa Mandiri. “Saya berharap para dosen beserta mahasiswa pascasarjana yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan segera melakukan publikasi pada jurnal internasional bereputasi. Dan khusus bagi mahasiswa pascasarjana yang telah menyelesaikan tesis agar dapat segera memenuhi persyaratan kelulusan pascasarjana yaitu publikasi ilmiah” kata beliau.


Ir. Media Anugerah Ayu M.Sc, PhD

Berlanjut ke acara inti yaitu pemaparan meteri langsung oleh Ibu Ir. Media Anugerah Ayu M.Sc, PhD. Beliau mengawali pembahasan mengenai jumlah publikasi internasional di Indonesia yang masih di bawah dibanding negara tetangga Malaysia. Padahal jika dilihat dari jumlah perguruan tinggi, Indonesia sangat jauh berbeda dengan yang ada di Malaysia. Jika di Indonesia jumlah perguruan tinggi kurang lebih sebanyak empat ribu, sedangkan di Malaysia hanya berkisar ratusan dan hal ini masih menjadi bahan evaluasi bagi Indonesia.

Memang sulit untuk mempublikasikan tulisan ke dalam jurnal internasional bereputasi, banyak proses yang harus dilewati seperti dalam proses review yang mungkin tidak selesai dalam satu sampai tiga kali review. Semua itu harus kita terima dan jalani dan berpikir positif bahwa paper yang telah kita buat memanglah layak untuk dapat publish di jurnal internasional bereputasi. Karena memang tahap pertama yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah adalah perasaan yang kita miliki sendiri mengenai tulisan yang telah kita buat, apakah benar layak untuk dapat dipublikasikan atau sebaliknya. “Sebab jika kita sendiri saja sudah meragukan tentang tulisan yang telah kita buat, maka untuk apa diteruskan karena tidak akan mendapatkan hasil yang baik kedepannya” Tutur Ir. Media Anugerah Ayu M.Sc, PhD.

Antusiasme peserta workshop

Menuju pangkasnya beliau membagikan tips untuk membuat tulisan yang baik dan dalam menghadapi reviewer yaitu dengan cara jangan pernah menyerah dan terus mencoba, salah perbaiki lagi dan perbaiki lagi sampai dengan tulisan yang telah kita buat dapat diterima dan accepted.

Acara ditutup dengan pemberian plakat atau cendera mata dari STMIK Nusa Mandiri oleh Kepala Program Studi Teknik Informatika Bapak Anton, M.Kom kepada Ir. Media Anugerah Ayu M.Sc, PhD kemudian diakhiri dengan foto bersama.

Unduh materi workshop : http://bit.ly/MateriWorkshopPublikasi2019

About admin