Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Dosen Universitas Nusa Mandiri Menyelenggarakan Penyuluhan Tips Dan Trik Antisipasi Hoax Di Era Digital Di Balai Desa Cikampek Selatan

Dosen Universitas Nusa Mandiri Menyelenggarakan Penyuluhan Tips Dan Trik Antisipasi Hoax Di Era Digital Di Balai Desa Cikampek Selatan

Perkembangan teknologi digital disertai dengan pertumbuhan pengguna teknologi itu sendiri berjalan saat ini sangat pesat. Salah satu media digital yang mengalami pertumbuhan pengguna teknologi informasi digital yang cukup banyak adalah penggunaan media sosial. Hal ini, tentu sangat membantu dalam membantu masyarakat mendapatkan informasi terkini, terutama di era pandemi ini yang membatasi ruang lingkup interaksi sosial secara langsung.

Tentu saja selain hal – hal / informasi – informasi positif yang bisa masyarakat akses/ dapatkan dengan mudah, banyak juga informasi – informasi palsu atau hoax yang dapat beradar dengan luas di Masyarakat melalui media sosial. Maka dari itu sebagai salah satu syarat dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen – Dosen Universitas Nusa Mandiri menggadakan Pengabdian Mayarakat dengan Tema “Tips dan Trik Antisipasi Hoax di Era Digital”. Dalam agenda pengabdian kali ini,  Dosen-Dosen Universitas Nusa Mandiri menggelar acara di Aula Balai Desa Cikampek Selatan yang berlokasi di Cikampek – Karawang.

Adapaun penyelenggaraanya dilakukakan secara hybrid, untuk ketua pelakasana, tutor, dan tim tutor datang langsung ke lokasi, sedangkan untuk para mahasiswa mengikuti acara pengabdian melaui zoom (online), dikarenakan mengingat saat ini kita masih dalam keadaan Pandemi dan juga lokasi yang cukup jauh. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh pihak Desa Cikampek Selatan beserta para stafnya dikarenakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Staf Desa Cikampek Selatan beserta para RT dan pihak RW yang masih awam dengan tenologi informasi digital dan bagaimana memilah informasi yang valid atau benar untuk disampaikan pada warga masyarakatnya.

Adapun pelaksanaan kegiatannya sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu, 09 April 2021 pukul 15.00 sampai dengan selesai. Pembicara atau pemateri pada pengabdian ini adalah Bapak Mohammad Syamsul Azis, M.Kom, lalu diketuai oleh Bapak Dede Nurrahman, M.Kom dan anggota diantaranya Ibu Juniarti Eka Safitri, M.M (Dosen), Mochamad Adhy Sulistyo (mahasiswa), Suhendra (mahasiswa), Junaedi (mahasiswa), Novita Septiana (mahasiswa),  Bayu Marta kusuma (mahasiswa). Acara dimulai dengan Tutor atau Pemateri menyampaikan materi tentang “Tips dan Trik Antisipasi Hoax di Era Digital”, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara tutor dan peserta, dan ditutup dengan tutor sharing pengalaman dalam menggunakan platform digital untuk mendapatkan informasi.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi dari pelatihan pada pengabdian masyarakat kali ini, untuk mengukur peserta sejauh mana pemahaman yang sudah perserta dapat saat pelatihan berlangsung. Para peserta dan pihak Desa Cikampek Selatan berterima kasih atas terselenggaranya acara yang sangat bermanfaat ini, dan setelah ini mereka akan mencoba mengimplementasikan ilmu yang didapat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mendapatkan memilah informasi –  informasi yang ada di Internet. Dan harapan dari pihak Desa kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilaksanakan kembali, karena dirasakan manfaatnya begitu besar bagi masyarakat khususnya Desa Cikampek Selatan sendiri.

About lppmnusamandiri