Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Mahasiswa UNM Memberikan Sosialisasi Perilaku Gaya Hidup Bersih dan Sehat Dalam Rangka Upaya Menghadapi Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19 Pada Warga Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan

Mahasiswa UNM Memberikan Sosialisasi Perilaku Gaya Hidup Bersih dan Sehat Dalam Rangka Upaya Menghadapi Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19 Pada Warga Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan

Terhitung dua tahun sudah masyarakat Indonesia bahkan dunia menjalani kehidupan tidak biasa di mana masyarakat harus hidup berdampingan dengan kedatangan wabah Covid-19. Bulan Maret 2020 menjadi awal bahwa kebiasaan baru seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) mulai diwajibkan oleh pemerintah Indonesia untuk menghadapi kehadiran virus ini. Sering waktu kebiasaan 3M ini bahkan harus bertambah seiring meningkatnya kasus aktif, kasus suspek, dan kasus kematian yang turut menjadi perhatian dunia. Kebiasaan menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas dan interaksi akhirnya juga diterapkan untuk melengkapi kebiasaan 3M yang telah lebih dulu hadir untuk menghadapi kondisi pandemi.

Akan tetapi, seiring waktu kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah jauh membaik. Hal ini berakibat pada kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk melakukan pelonggaran sejumlah aktivitas masyarakat dan bersiap untuk masa transisi dari pandemi ke endemi. Meskipun demikian, kebiasaan 5M masih harus diterapkan untuk mengantisipasi keadaan yang belum pasti karena di belahan dunia lain masih ada kasus aktif yang terdeteksi dan ada pula kemunculan virus-virus baru yang turut mengancam kondisi kesehatan masyarakat dunia.

Adapun adanya perbaikan kondisi Covid-19 ini menjadikan masyarakat semakin menyadari bahwa tanggung jawab kesehatan terhadap pandemi ini ada di tangan masing-masing. Masyarakat yang semakin siap dan sadar akan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi pandemi ini juga menunjukkan bahwa masyarakat siap untuk bertransisi dari pandemi menjadi endemi.

Kegiatan sosialisasi perilaku gaya hidup bersih dan sehat di salah satu kelurahan yang ada di Jakarta Selatan, yaitu Kelurahan CIganjur Jakarta Selatan diharapkan memberi dampak positif kepada masyarakat akan timbulnya kebiasaan hidup bersih dan sehat yang seharusnya tidak hanya diterapkan selama pandemi tetapi juga menjadi kebiasaan permanen sekaligus menjadi pemicu bahwa kesadaran penanganan pandemi menjadi tanggung jawab bersama. Kegiatan ini berupa kegiatan Kuliah Kerja Nyata bertema Gaya Hidup Bersih dan Sehat  dengan sasaran warga Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2022.

About lppmnusamandiri