Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pelatihan Pembuatan Laporan Kerja dengan Pengolahan Data dan Grafik Menggunakan Microsoft Excel Guna Mendukung Keahlian Staff Desa Kota Batu

Pelatihan Pembuatan Laporan Kerja dengan Pengolahan Data dan Grafik Menggunakan Microsoft Excel Guna Mendukung Keahlian Staff Desa Kota Batu

Teknologi informasi yang terus berkembang mengharuskan masyarakat untuk mengikuti setiap perkembangannya. Salah satunya adalah penggunaan Microsoft Excel dalam pengolahan data. Microsoft excel telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai sebuah aplikasi lembar kerja yang dapat dimanfaatkan dan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas pekerja dalam mengolah data.

Kantor Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas beralamat di Jalan Melati Komplek Paspampres RT. 02/ RW. 09 Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Kantor Desa Kota Batu ini di kepalai oleh Kepala Desa atau Lurah yaitu Bapak Iwan Darmawan, SH. Jumlah penduduk pertahun 2019 yang ada di Desa Kota Batu ini adalah 24.942 orang, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 6.005. Kantor Desa Kota Batu ini memiliki banyak staff yang bekerja. Para staff yang ada memiliki keterbatasan mengakses informasi dan mencari media pelatihan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keahlian dalam mengolah data. Berdasarkan hasil pemikiran tersebut maka staff Desa Kota Batu membutuhkan pelatihan Microsoft Excel untuk meningkatkan kemampuan staffnya dalam mengolah data untuk pelaporan kerja.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri Jakarta yang diketuai oleh Ibu Lilyani Asri Utami, M.Kom dibantu ketiga dosen Ibu Eka Rini Yulia, M.Kom, Ibu Siti Ernawati, M.Kom, Ibu Hylenarti Hertyana, M.Kom dan lima mahasiswa Program Studi Sistem Informasi diantaranya Salfa Violita Adinda Putri, Satria Maulana Rendyto, Suci Rahmawati, Nadya Aprilia Rahman, Ahmad Fahrozi  mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan pembuatan laporan kerja dengan pengolahan data dan grafik menggunakan Microsoft Excel guna mendukung keahlian staff Desa Kota Batu.

Kegiatan pelatihan ini diadakan selain menjadi salah satu kewajiban bagi seorang dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, juga diharapkan dapat membantu para staff Desa Kota Batu meningkatkan kemampuan mengolah data untuk membuat laporan kerja. Pelatihan Microsoft Excel ini sangat dibutuhkan bagi peserta dikarnakan untuk meningkatkan pemahaman dalam menggunakan Microsoft Excel untuk kehidupan sehari-hari terutama digunakan untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengolah data-data berupa perhitungan aritmatika dan lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan diantaranya mengenakan masker, menjaga jarak dan melaksanakan pelatihan melalui Aplikasi Zoom. Pelatihan ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 06 Maret 2021 yang diikuti oleh 14 orang staff Desa Kota Batu. Penyampaian materi oleh Ibu Eka Rini Yulia, M.Kom ini telah berlangsung dan berjalan dengan lancar dengan didahului penyampaian materi teori berupa ceramah kemudian dilanjutkan dengan praktikum berupa simulasi dan Tanya jawab. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada staff Desa Kota Batu mengenai pengoperasian Microsoft Excel dan bagaimana menyajikannya dalam bentuk laporan kerja sehingga peserta dapat mengimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja dan membekali peserta untuk memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri