Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / PPPM Mengadakan Pelatihan Menjadi Editor dan Reviewer Jurnal STMIK Nusa Mandiri

PPPM Mengadakan Pelatihan Menjadi Editor dan Reviewer Jurnal STMIK Nusa Mandiri

Jakarta – Demi membangkitkan motivasi dosen menjadi editor dan reviewer jurnal nusa mandiri sebagai bentuk aktualisasi diri, dimana artikel kampus akan semakin bagus dan mudah dibaca dengan tingkat sinta yang baik. Sehingga artikel atau naskah yang dikirim dosen akan semakin baik hasilnya. Minimal tidak banyak salah ketik, gambar lebih jelas, terstruktur dan sempurna, PPPM STMIK Nusa Mandiri menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Menjadi Editor dan Reviewer Jurnal Nusa Mandiri” pada Senin, 15 Maret 2021. Acara ini menghadirkan Bapak Frieyadie, M.Kom selaku narasumber, dan dilaksanakan via Zoom Meeting. Para peserta yang hadir merupakan dosen-dosen di lingkungan STMIK Nusa Mandiri dan Universitas Bina Sarana Informatika yang sudah dilakukan penyeleksian terlebih dahulu.

Dimulai dengan sambutan dari Ibu Norma Yunita, M.Kom selaku PPPM STMIK Nusa Mandiri. “Saya berharap para yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan mutu publikasi ilmiah seluruh dosen STMIK Nusa Mandiri sebagai bentuk peningkatan kualitas khususnya dalam unsur penelitian juga dalam bentuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.” kata beliau.

Berlanjut ke acara inti yaitu pemaparan materi oleh Bapak Frieyadie, M.Kom. Beliau mengawali pembahasan mengenai: Manajemen Jurnal Ilmiah mulai dari membahas tata kelola editorial jurnal sesuai standar penerbitan sampai kepada bagaimana menjaga mutu penyuntingan substansi, gaya dan format.

Gambar 1. Pemateri menyampaikan beberapa poin dalam manajemen jurnal ilmiah

Dalam pembahasan Tata kelola Editorial sesuai Standar Penerbitan, pemateri menyampaikan agar pengelolaan jurnal menjadi efektif dan efisien maka diperlukan point seperti kelembagaan, infrastruktur, Kinerja Jurnal dan Pendanaan.

Gambar 2. Pemateri menyampaikan tata kelola editorial

Pemateri juga menyampaikan susunan tim editorial pada umumnya, mulai dari Ketua editor, Editor bagian, Dewan editor, Editor teknis, serta Tim teknologi.

Gambar 3. Pemateri menyampaikan susunan editor jurnal

Kemudian pemateri juga menyampaikan Tugas dan tanggung jawab sebagai editor agar dapat menjamin tersedianya kecukupan jumlah manuskrip guna kesinambungan jadwal penerbitan serta menjamin kesesuaian fokus jurnal dan menentukan kebijakan perlu dan tidaknya Call for Papers pada calon penulis juga menentukan adanya Thematic Issue atau tidak. Menuju pangkasnya beliau sebagai pemateri juga membagikan teknis dalam mereview jurnal.

Gambar 4. Pemateri menyampaikan teknis dalam mereview jurnal ilmiah

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi kemudian diakhiri dengan foto bersama.

Gambar 5. Dokumentasi bersama

Link Video selama kegiatan dapat diakses disini: http://bit.ly/video-kegiatan-menjadi-editor-reviewer-jurnal

Link Materi dapat diunduh disini http://bit.ly/MateriPelatihanEditorReviewerJurnal-2021.

About Faruq Aziz