Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Pelatihan Pembuatan Media Publikasi Menggunakan WordPress Sebagai Sarana Promosi Koleksi Seni Pada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta

Pelatihan Pembuatan Media Publikasi Menggunakan WordPress Sebagai Sarana Promosi Koleksi Seni Pada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta

Gambar 1. Pembukaan Materi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di Indonesia. Di era pandemi Covid-19 ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak dapat diselenggarakan secara langsung, namun hal ini tidak menyurutkan keinginan dosen-dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Gambar 2. Penyampaian tutorial install wordpress

Salah satunya adalah kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Publikasi Menggunakan WordPress Sebagai Sarana Promosi Koleksi Seni Pada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta yang berlokasi di Sekretariat, Museum Bank Mandiri, Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta Paramita Jaya memiliki visi agar dapat menjadi organisasi yang memberi inspirasi dan membangun sinergitas antarmuseum di DKI Jakarta. Dalam membangun visi dan misi tersebut. Pengelola museum bekerja sama dengan Kurator yang sudah tersertifikasi dalam meningkatkan pelayanan kepada publik. Namun hal ini sempat tersendat sehingga visitor museum pun turun drastis akibat pandemi Covid-19. Kami, selalu dosen memiliki kewajiban menjalankan kontribusi Tri Dharma PT yaitu Pengabdian kepada masyarakat, akan melakukan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di AMI DKI Jakarta Paramita Jaya dengan dilakukannya Pelatihan Pembuatan Media Publikasi Menggunakan WordPress Sebagai Sarana Promosi Koleksi Seni Pada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta.

Gambar 3. Pemaparan lanjutan wordpress

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Publikasi Menggunakan WordPress Sebagai Sarana Promosi Koleksi Seni Pada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada hari Sabtu, 13 Maret 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Kegiatan pelatihan ini juga dihadiri oleh Bapak Yiyok T. Herlambang selaku Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya, Bapak Firman Haris selaku Wakil Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya dan Ibu Mis Ari selaku Sekretaris AMI DKI Jakarta Paramita Jaya. Peserta terdiri dari anggota pengurus Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Paramita Jaya DKI Jakarta, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Peserta juga didampingi oleh Tutor yaitu Ibu Khoirun Nisa, M.Kom, Ibu Anna Mukhayaroh, M.Kom, Ibu Syifa Nur Rakhmah, M.Kom dan Bapak Nu’man Musyaffa, M.Kom.

Gambar 4. Sesi tanya jawab dan diskusi

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Ibu Rizki Aulianita, M.Kom menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Publikasi Menggunakan WordPress Sebagai Sarana Promosi Koleksi Seni Pada Anggota Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta untuk mengedukasi tentang cara menggunakan WordPress dan mempercantik WordPress sehingga akan menarik minat visitor untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai museum, khususnya AMI Paramita DKI Jakarta. Kegiatan tersebut juga dapat dijadikan sebagai wadah  atau media promosi.

About Faruq Aziz