Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar Pada Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Nurul Huda

Pemanfaatan Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar Pada Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Nurul Huda

Dampak adanya pandemi virus corona (Covid-19) dan upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dengan cara melakukan physical distancing atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan memberlakukan Work From Home (WFH) sangat berpengaruh terhadap berbagai sektor seperti di bidang perekonomian, kalangan bisnis, perusahaan masyarakat dan lain-lain.

Pemerintah juga mengajak para pelaku pendidikan untuk memanfaatkan media pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui daring. Dalam rangka mendukung kampanye pemerintah untuk melakukan pencegahan dan penyebaran virus Covid-19 tersebut, Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengadakan kegiatanPengabdian Masyarakatsecara online, memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para santri dan guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Nurul Huda  tentang “Pemanfaatan Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar Pada Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Nurul Huda”

Para peserta pengabdian masyarakat ini sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pelatihan yang diberikan. Dalam pelatihan ini para peserta juga diberikan latihan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan terhadap materi yang telah diberikan.  

Panitia pelaksana kegiatan ini sebagai ketua adalah Cahyani Budihartanti, M.Kom dan Tim tutor terdiri dari Laila Septiana, M.Kom, Tuslaela, M.Kom, Sri Rusiyati, S.E, M.M, dan Indah Purnamasari, ST, M.Kom, dan mahasiswa yang turut serta adalah Dicky Fabrianto, Taufik Nur Iskandar, Amsal Christian, dan Fitri Rahmadani Irianti.

Pelatihan dengan memanfaatkan Google Suite for Education seperti ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi para santri dan Guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Nurul Huda  tentang pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online, dimana pengajar dapat memberikan materi walau tidak hadir di kelas tetapi tetap dapat dilakukan dari rumah masing-masing. Dengan adanya dukungan aplikasi dalam pelatihan ini diharapkan para santri dapat terus melakukan pembelajaran  dan dapat  meningkatkan efektivitas belajar mengajar pada Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Nurul Huda.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri