Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / PPPM Mengadakan Kegiatan Sosialisasi SAYS PPPM STMIK Nusa Mandiri Bidang Pengabdian Masyarakat dan Surat Tugas

PPPM Mengadakan Kegiatan Sosialisasi SAYS PPPM STMIK Nusa Mandiri Bidang Pengabdian Masyarakat dan Surat Tugas

Jakarta – Solve All Your Problems (SAYS) merupakan sebuah aplikasi Research & Development yang memuat basis data perguruan tinggi. Aplikasi ini dibangun dengan teknologi Bootstrap dimana framework tersebut memiliki sifat Open Source atau bisa dikembangkan kembali oleh lain pihak. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan browser dan terhubung ke internet dan aplikasi ini dibangun dengan enam tujuan utama, yaitu :

  1. Memudahkan bagian terkait dalam mencari data akademik dan data dosen.
  2. Mempermudah dan transparasi dosen dalam hal pengajuan dengan bagian terkait.
  3. Menjembatani permasalahan akademik Dosen.
  4. Monitoring integritas dan kinerja bagian terkait.
  5. Memberikan berbagai informasi Akademik.
  6. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pengumpulan data yang terintegrasi dalam satu pangkalan data untuk digunakan bersama-sama.

Salah satu permasalahan yang berhasil diidentifikasi dari hasil evaluasi penggunaan aplikasi SAYS oleh dosen adalah kurang informasi pengetahuan dosen dalam mengajukan dokumentasi Jurnal, HKI, Laporan Pengabdian Masyarakat dan dokumen sertifikat kegiatan seminar, workshop, pelatihan dan sertifikasi kompetensi. Maka dari itu PPPM Nusa Mandiri mengadakan kegiatan Sosialisasi SAYS PPPM STMIK Nusa Mandiri Bidang Pengabdian Masyarakat dan Surat Tugas Kegiatan untuk menjembati antara para dosen, PPPM dan aplikasi SAYS Nusa Mandiri serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pengumpulan data yang terintegrasi dalam satu pangkalan data untuk digunakan bersama-sama.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 242 dosen tetap, 5 dosen NIDK serta 16 dosen NUP yang berada di STMIK Nusa Mandiri yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Maret 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB via Aplikasi Zoom Meeting. Dengan pemateri 1 yaitu Daning Nur Sulistyowati, M.Kom dan pemateri 2 yaitu Santoso Setiawan, M.Kom.

Gambar 1. Jenis mitra kegiatan

Acara dimulai dengan sambutan pembukaan oleh Ketua PPPM Nusa Mandiri yaitu Ibu Norma Yunita, M.Kom. Kemudian dilanjut dengan penyampaian materi oleh pemateri 1, Ibu Daning Nur Sulistyowati, M.Kom, membahas mengenai prosedur pengajuan proposal dan laporan Pengabdian Masyarakat (PM) kemudian dijelaskan pula mengenai persyaratan panitia kegiatan pelaksanaan PM dan jenis mitra dalam kegiatan PM. Serta dipaparkan juga materi mengenai dokumen yang harus dilampirkan dalam kegiatan.

Gambar 2. Penyampaian mengenai dokumen kegiatan

Kemudian disambung dengan pemateri 2, Bapak Santoso Setiawan, M.Kom. yang memaparkan mengenai cara penggunaan untuk PM dalam aplikasi SAYS. Bapak Santoso Setiawan juga menyampaikan materi mengenai pengajuan untuk penelitian(jurnal) dan prosiding.

Gambar 3. Penyampaian mengenai aplikasi SAYS
Gambar 4. Materi lanjutan

Kegiatan berjalan dengan lancar dan antisipasi partisipan terhadap kegiatan ini sangat tinggi. Pada sesi akhir dilakukan foto bersama serta dari hasil kegiatan ini semoga dapat meningkatnya kualitas dokumentasi data PM dan sertifikat serta surat tugas agar pendataan terstruktur, memudahkan para dosen untuk mendokumentasikan berkas yang diajukan pada aplikasi SAYS serta memberi dampak positif bagi para dosen STMIK Nusa Mandiri tentang kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi.

Gambar 5. Sesi foto bersama

Untuk materi kegiatan dapat diunduh kembali disini : http://bit.ly/MateriSosialisasiSAYS

About Faruq Aziz