Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / PPPM Mengadakan Pelatihan Penggunaan OJS Bagi Editor dan Reviewer Jurnal Nusa Mandiri

PPPM Mengadakan Pelatihan Penggunaan OJS Bagi Editor dan Reviewer Jurnal Nusa Mandiri

Keberadaan artikel ilmiah pada jurnal Nusa Mandiri diperlukan untuk menunjang penelitian di perguruan tinggi. Semakin tinggi jumlah publikasi jurnal penelitian, angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat. Salah satu permasalahan dari hasil evaluasi PPPM STMIK Nusa Mandiri adalah kurangnya publikasi dosen dan mahasiswa dalam jurnal Nusa Mandiri. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah belum semua dosen dan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri terlatih dalam penulisan naskah pada jurnal dan masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan dosen yang sudah memiliki reputasi (JFA) sebagai reviewer jurnal kampus khususnya jurnal yang berada di lingkungan Nusa Mandiri. Maka dari itu PPPM Nusa Mandiri mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi OJS(Open Journal Systems) bagi editor dan reviewer jurnal Nusa Mandiri sehingga artikel atau naskah yang dikirim dapat dieksekusi dengan baik, benar dan terstruktur.

Gambar 1. Pelatihan Penggunaan OJS bagi Editor dan Reviewer

Kegiatan ini diikuti oleh 100 dosen yang berada dilingkungan STMIK Nusa Mandiri dan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) secara virtual dikarenakan pandemi Covid-19 via aplikasi Zoom Meeting yang dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Maret 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB dengan acara dibuka oleh Ibu Norma Yunita, M.Kom selaku ketua PPPM STMIK Nusa Mandiri untuk mengisi sambutan salam pembuka.
Beliau menyampaikan bahwa perlunya meningkatkan kualitas dan rasa percaya diri para dosen sebagai editor dan reviewer jurnal serta perlunya kemampuan penggunaan OJS bagi editor dan reviewer dengan baik dan juga meningkatkan pemeringkatan Jurnal STMIK Nusa Mandiri sebagai jurnal nasional yang memiliki reputasi sinta. Kemudian dilanjut dengan pembicara / penyampaian materi oleh Bapak Frieyadie, M.Kom.

Gambar 2. Penyampaian materi

Selain menyampaikan prosedur penggunaan OJS yang baik dan benar, beliau juga menyampaikan perlunya pemahaman dan ketelitian tentang setiap jurnal Nusa Mandiri. Terdapat jenis-jenis jurnal Nusa Mandiri yaitu PILAR Nusa Mandiri, TECHNO Nusa Mandiri, JITK Nusa Mandiri dan INTI Nusa Mandiri serta AbdiMas Nusa Mandiri yang dapat diakses pada halaman: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/.

Gambar 3. Penjelasan jenis jurnal Nusa Mandiri

Kegiatan terlaksana dengan baik dan lancar, antusiasme yang tinggi berupa banyaknya pertanyaan dari partisipan juga sangat dirasakan dalam sesi sharing dan diskusi dengan pemateri. Diharapkan kegiatan ini dapat mempermudah dan memberikan pemahaman tentang penggunaan OJS khususnya, serta dapat meningkatkan publikasi jurnal Nusa Mandiri yang berkualitas. Tidak lupa dilakukan juga sesi foto bersama diakhir kegiatan.

Gambar 4. Sesi foto bersama

About Faruq Aziz