Home / Berita Terbaru / Workshop Penggunaan Google Meet Bagi Santri dan Guru TPQ Nurul Huda sebagai Penunjang KBM pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri.

Workshop Penggunaan Google Meet Bagi Santri dan Guru TPQ Nurul Huda sebagai Penunjang KBM pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di era pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi setiap dosen khususnya dosen Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri. Pelaksanaan pengabdian yang harus memperhatikan protokol kesehatan serta ditengah anjuran social dan physical distancing, membuat para dosen harus memiliki cara kreatif dalam melaksanakan proses pengabdian kepada masyarakat, tanpa menghiraukan aturan-aturan tersebut.

Dosen teknik informatika STMIK Nusa Mandiri, melakukan pengabdian masyarakat terhadap TPQ Nurul Huda Sunter dengan peserta Guru-guru beserta santri-santri pada TPQ tersebut dengan cara daring melalui aplikasi zoom meeting. Pada proses pelaksanaannya di perlukan beberapa hari persiapan agar pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancar. Peng install an aplikasi zoom serta pengetesan koneksi internet menjadi pendukung utama dalam proses pengabdian masyarakat ini.

Panitia pelaksanaan pengabdian masyarakat memiliki peran penting dalam mengatur serta menyiapkan segala hal dalam proses pelaksanaan PM ini. Panitia pengabdian yang terdiri dari dosen-dosen teknik informatika dan di bantu oleh mahasiswa STMIK Nusa Mandiri sangat telaten dalam mempersiapkannya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dibuka oleh ketua panitia, selanjutnya panitia langsung memberikan kepada tutor untuk menyampaikan materi pengabdian masyarakat. Materi pengabdian masyarakat yang berupa Penggunaan Google Meet untuk Menunjang KBM di era Pandemi di sampaikan Tutor dengan cara Meng share screen via aplikasi zoom. Setelah materi selesai disampaikan, panitia membuat link untuk quis peserta, sehingga bisa dilihat apakah peserta dapat memahami setiap materi yang telah disampaikan.

Di akhir pengabdian, panitia menutup zoom meeting dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada para peserta, mahasiswa dan dosen-dosen yang telah terlibat. Meskipun dalam kondisi seperti saat ini, tidak menjadi kan penghalang bagi dosen-dosen teknik informatika STMIK Nusa Mandiri khususnya dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Semoga pandemi ini cepat berlalu, sehingga kondisi kembali kondusif dan seperti sedia kala.

About Santoso Setiawan

PPPM Nusa Mandiri