Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Forum Group Discussion Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi

Forum Group Discussion Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi

Menindaklanjuti kegiatan Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel  Ilmiah Internasional Bereputasi, yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 September 2019, maka STMIK Nusa Mandiri bersama PPPM STMIK Nusa Mandiri melaksanakan Forum Group Discussion Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui progres penulisan artikel ilmiah oleh dosen STMIK Nusa Mandiri untuk dipublikasi ke jurnal internasional bereputasi.

Berlangsung selama dua hari yaitu pada Senin dan Selasa, 28 – 29 Oktober 2019 dan bertempat di kampus STMIK Nusa Mandiri Kramat 18. Para peserta dari kegiatan ini mayoritas adalah para dosen STMIK Nusa Mandiri yang telah mengikuti workshop (27 September 2019), namun ada pula dosen tambahan yang tentunya ini merupakan hal yang baik melihat antusias para dosen STMIK Nusa Mandiri untuk melakukan penulisan artikel ilmiah internasional bereputasi.

Acara dibuka oleh Daning Nur Sulistyowati, M.Kom selaku pembawa acara yang juga merupakan salah satu staff dari PPPM Nusa Mandiri, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia yaitu ibu Norma Yunita, M.Kom. Dalam sambutannya Norma Yunita, M.Kom berpesan agar seluruh dosen dapat terus termotivasi untuk melakukan penulisan dan publikasi khususnya pada jurnal internasional bereputasi, karena banyak sekali manfaat yang akan didapat baik untuk peningkatan karir bagi para dosen dan meningkatkan peringkat STMIK Nusa Mandiri dalam hal penelitian.

Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Frieyadie, M.Kom, salah satu dosen STMIK Nusa Mandiri yang berpengalaman dalam bidang penelitian. Pembahasan pertama dimulai dari komponen penting dari artikel ilmiah mengenai judul, abstrak, key words, studi literatur, metode penelitian, pembahasan, kesimpulan hingga referensi, karena itu merupakan kunci dasar dalam melakukan penulisan artikel ilmiah. Kemudian pembahasan mengenai tata cara menyesuaikan template artikel ilmiah dan pengecekan tingkat plagiatrisme berlanjut dengan diskusi bersama.

Para dosen sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, banyak pula yang telah menyiapkan artikel ilmiahnya untuk dicek langsung oleh bapak Frieyadie, M.Kom. Menariknya, banyak dosen yang ingin bekerjasama dengan membuat kelompok untuk membuat artikel ilmiah Internasional setelah mengikuti kegiatan ini.

“Terima kasih kepada PPPM STMIK Nusa Mandiri atas dilaksanakannya kegiatan ini, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dan membuat saya jadi bersemangat untuk menulis artikel ilmiah”. Pungkas Tuslaela, M.Kom (Salah satu dosen peserta kegiatan)

About Daning Nur Sulityowati