Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Meningkatkan Kompetensi Guru dan Santri Remaja melalui Pelatihan Microsoft Word pada TPQ Nurul Huda Sunter Muara Jakarta Utara

Meningkatkan Kompetensi Guru dan Santri Remaja melalui Pelatihan Microsoft Word pada TPQ Nurul Huda Sunter Muara Jakarta Utara

Pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan pemberdayaan diri yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat luas. Pengabdian masyarakat ini harus kontinyu dalam jangka panjang agar dapat memantau sampai mana kemampuan masyarakat menyerap ilmu yang diberikan oleh tutor para dosen terhadap para santri dan guru di TPQ Nurul huda. Banyak aspek yang dilihat diantaranya lingkungan masyarakat itu tinggal, karakternya, corak budaya, kehidupan ekonomi tempat pengabdian masyarakat perlu diperhatikan agar benar-benar terciptanya sebuah masyarakat yang berpintar akan teknologi informasi khususnya dengan pelatihan microsoft word.

Bentuk pengabdian masyarakat juga beragam dengan penyelenggara berupa pendidikan atau pelatihan gratis pada suatu tempat agar sumber daya manusia menjadi mengerti penggunaan TI. Suatu gerakan pemberdayaan masyarakat saat ini dilakukan oleh para dosen dibantu oleh para mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk mewujudkan pengabdian masyarakat yang berjalan lancar .

Tanggal 29 September 2019, 06 Oktober 2019, 13 Oktober 2019 dan 20 Oktober 2019, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Ibu Guru Dan Santri Remaja TPQ Nurul Huda yang berlokasi di RPTRA Sunter Muara RW. 05, Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 di RPTRA Sunter Muara RW. 05, Kelurahan Agung yang dihadiri kurang lebih 30 orang (Ibu Guru Dan Santri Remaja TPQ Nurul Huda), kegiatan dimulai dengan dibuka oleh Bp Hendra Supendar. Selanjutnya pemberian materi mengenai penggunaan aplikasi Microsoft Officeserta mengetahui tips dan trik dalam penggunaan aplikasi tersebut. Para tutor dosen siap mewakili dan memberikan teknik menggunakan microsoft word dengan menyediakan 1 laptop untuk 1 santri atau guru. Dengan pelatihan komputer khususnya Microsoft Office bagi Ibu Guru Dan Santri Remaja TPQ Nurul Huda menjadi trampil dan cepat dalam pelaporan – pelaporan yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar.

Dalam menyelenggarakan pengabdian masyarakat, pihak dosen dan mahasiswa menyediakan alat pendukung diantaranya laptop, LCD, foto copy materi atau modul, menyediakan pula makanan kecil untuk para peserta, diharapkan para peserta dapat termotivasi dalam mengikuti pelaksanaan pengabdian masyarakat ini secara efisien dan efektif. Walaupun dengan dana seadanya namun bisa memberikan manfaat yang sedemikian banyaknya. Kreatifitas dan inovasi dibutuhkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Oleh karena itu, Segala potensi dan fasilitas yang ada dosen dan mahasiswa secara intelegensia, kreatifitas, dan kepemimpinan yang tinggi didukung fasilitas dari kampus (LCD, Spanduk dan Sound system). Sehingga pelatihan ini sangat diapresiasi oleh peserta dimana dilihat dari antusias dan keaktifannya peserta dalam bertanya dan mengikuti pelatihan ini.

About Daning Nur Sulityowati