Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Membangun Jiwa Wirausaha Santri Melalui Pelatihan Photoshop dan Internet Marketing

Membangun Jiwa Wirausaha Santri Melalui Pelatihan Photoshop dan Internet Marketing

Mengenalkan dunia wirausaha pada anak sejak dini akan mendapati manfaat untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia yang terbilang belia, anak-anak yang belajar menumbuhkan jiwa wirausaha, akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. Salah satunya bagi santri-santri yatim dan dhuafa di Yayasan Media Amal Islami (MAI). Yayasan MAI memprioritaskan anak-anak yatim dan dhuafa agar mendapatkan pendidikan yang layak, salah satunya dalam mengembangkan kemampuan dan kompetensinya memanfaatkan TIK untuk berwirausaha.

Oleh karena itu, dosen STMIK Nusa Mandiri yang diketuai oleh Lilyani Asri Utami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pemanfaatan photoshop dan internet marketing. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dari seorang dosen, yang harus melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Lilyani dibantu tiga dosen Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) STMIK Nusa Mandiri lainnya, seperti Laela, Sukmawati, dan Hylenarti melaksanakan pelatihan ini pada tanggal 23 Maret 2019 bertempat di Kampus STMIK Nusa Mandiri diikuti oleh 15 orang santri.

“Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan wajib kami sebagai dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi selain melakukan pembelajaran bagi mahasiswa di kampus,” kata Hylenarti Kordinator Tutor Pengabdian Masyarakat Prodi SI STMIK Nusa Mandiri.

Selain itu, menurut Hylenarti, sudah semestinya sebagai seorang dosen atau pendidik untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar kampus. Setidaknya turut serta membantu kesejahteraan masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah berupa kegiatan membuat desain sederhana menggunakan photoshop dan pengenalan internet untuk menjual produk ataupun jasa melalui internet, termasuk juga promosi, branding dan pelayanan kepada konsumen secara online.

Diakhir acara, Lilyani selaku ketua pelatihan ini menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kelancaran acara tersebut terutama Yayasan MAI.  Kesuksesan dan kelancaran suatu kegiatan ini bukan hanya berupa materi yang bagus akan tetapi atas koordinasi dan kerjasama yang baik antar pihak satu dengan yang lainnya.

About Daning Nur Sulityowati