Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pengembangan Pengetahuan dan Skill Digital Bagi Remaja Masjid dan Pengurus Karang Taruna Ragunan di Bulan Ramadhan

Pengembangan Pengetahuan dan Skill Digital Bagi Remaja Masjid dan Pengurus Karang Taruna Ragunan di Bulan Ramadhan

pemaparan materi oleh pembicara

Karang Taruna adalah salah satu organisasi sederhana dilingkungan masyarakat yang terbentuk dari kumpulan dari anak-anak remaja yang aktif dan kreatif di lingkungan  masyarakat. Pada pengabdian kali ini kami para dosen dari STMIK Nusa Mandiri Jakarta melaksanakan pengabdian masyarakat dengan melatih anak-anak remaja masjid di daerah ragunan yang juga merupakan pengurus karang taruna ragunan yang sangat aktif dan kreatif dan banyak mengadakan kegiatan disekitar lingkungannya.

Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Warungjati, Setiaji mengutarakan, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk peduli STMIK Nusa Mandiri terhadap sesama. Kemajuan dibidang teknologi komputer sekarang ini sudah sangat maju. Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa sangat penting.

Selain itu, kegiatan ini tidak hanya berkaitan dengan penyantunan yatim dan dhuafa saja, melainkan juga melakukan ‘Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Workshop Pembekalan Keahlian Diri Pemuda Islam, dengan tema “Pengembangan Pengetahuan dan Skill Digital untuk Karang Taruna di Bulan Ramadhan” kata Aji saat ditemui dikegiatan tersebut

Komputer dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam mengerjakan berbagai hal karena lebih efektif dan efisien. Salah satu teknologi yang digunakan Internet merupakan media untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. dalam komputer adalah Internet.

keseriusan peserta dalam mendengarkan pemaparan materi

Materi workshop disampaikan oleh Achmad Baroqah Pohan dan Deny Gunawan, yang memaparkan tentang teori pengenalan blog serta jenis-jenisnya dan praktek pembuatan blogspot. “Blog ini bisa menjadi sumber penghasilan buat kalian jika bisa memakainya dalam membagikan informasi yang bermanfaat,” kata Baroqah saat memaparkan materi. Ia juga menjelaskan secara menyeluruh mengenai Blogspot yang bisa menjadi sumber pendapatan.

Oleh karena itu, dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta yang diketuai oleh Eva Zuraidah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa  pelatihan pembuatan website atau blog online  dan  workshop aplikasi android untuk meningkatkan ilmu pengetahuan komputer masyarakat di lingkungan Karang taruna dan remaja mesjid. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dari seorang dosen, yang harus melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.

Indah,  salah seorang peserta pada acara ini mengatakan,  acara yang diselenggarakan oleh STMIK Nusa Mandiri ini sangat menarik dan memberikan manfaat serta ilmu  mengenai potensi dirinya.

“Kegiatan ini juga memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan pengembangan diri dan keahlian peserta. Itu yang saya rasakan setelah mengikuti acara ini. Semoga apa yang diberikan oleh STMIK Nusa Mandiri dapat kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutur Indah

Eva Zuraidah dan bersama 1 dosen yaitu Antonius Yadi Kuntoro S.Kom MM  , serta  dengan 5 orang mahasiswa yaitu : Eric Sandria, Jean Manuputty, Sheila Khairunisa, Febrian Caesar , Rahayu Sri Devi Cendani, dengan Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) STMIK Nusa Mandiri Jakarta, melaksanakan pelatihan ini pada tanggal 25 dan 26 Mei 2019 bertempat di STMIK Nusa Mandiri Warung Jati Jl Damaik No, 8 Jakarta Selatan  diikuti oleh 20 orang

kegiatan pendampingan

“Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan wajib kami sebagai dosen dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi selain melakukan pembelajaran bagi mahasiswa di kampus,” kata Antonius Yadi Kuntoro S.Kom MM Kordinator Tutor Pengabdian Masyarakat Prodi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Selain itu, menurut Antonius Yadi Kuntoro S.Kom MM, sudah semestinya sebagai seorang dosen atau pendidik untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar kampus, dan juga para remaja yang produktif untuk masa akan datang. Setidaknya turut serta membantu kesejahteraan para remaja dan masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan yang dimiliki sebagai pengajar kepada masyarakat umum tentang bagaimana cara memanfaatkan  pelatihan pembuatan website atau blog online  dan  workshop aplikasi android  untuk  memperkenalkan karang taruna, juga mengisi kegiatan yang dilaksakan setiap hari di karang taruna tersebut. Sebanyak 40 peserta yang hadir begitu senang karena selain buka bersama dan pemberian materi

Diakhir acara, Eva Zuraidah selaku ketua pelatihan ini menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kelancaran acara tersebut terutama pihak remaja karang  taruna dan remaja mesjid ragunan. Kesuksesan dan kelancaran suatu kegiatan ini bukan hanya berupa materi yang bagus akan tetepi atas koordinasi dan kerjasama yang baik antar pihak satu dengan yang lainnya.

About Daning Nur Sulityowati