Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / STMIK Nusa Mandiri Jakarta Kembali Melaksanakan Pelatihan Dasar Microsoft Excel Bagi Pengurus Karang Taruna dan PKK Rw 007 Cipinang Besar Selatan

STMIK Nusa Mandiri Jakarta Kembali Melaksanakan Pelatihan Dasar Microsoft Excel Bagi Pengurus Karang Taruna dan PKK Rw 007 Cipinang Besar Selatan

Karang Taruna adalah kumpulan dari anak anak yang berkreatif di suatu wilayah permukiman masyarakat dan  PKK adalah kumpulan dari  ibu rumah tangga yang sukses. Adapun ibu rumah tangga yang sukses adalah dambaan semua wanita di dunia.

Kemajuan dibidang teknologi komputer sekarang ini sudah sangat maju. Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa sangat penting. Komputer dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam mengerjakan berbagai hal karena lebih efektif dan efisien. Salah satu teknologi yang digunakan dalam komputer adalah Internet.

Internet merupakan media untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Internet sudah banyak digunakan oleh kalangan umum untuk digunakan dalam segala aktivitas seperti pendidikan, perbisnisan dan perkantoran. Oleh karena itu, dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta yang diketuai oleh Eva Zuraidah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan ilmu dasar komputer yaitu Ms.Excel  untuk meningkatkan ilmu pengetahuan komputer masyarakat di lingkungan Kelurahan Cipinang . Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dari seorang dosen, yang harus melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.

Meskipun materi yang diajarkan sederhana tetapi mereka sangat antusias karena sebagian dari peserta belum terbiasa dalam menggunakan aplikasi tersebut. Maksud diadakannya pengabdian masyarakat ini adalah sebagai bentuk dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen pada setiap semesternya.

Dengan tujuan untuk sharing ilmu pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan mengenai Microsoft office khusunya  Microsoft Excel yang merupakan aplikasi yang sering mereka gunakan sebagai pengolahan data di sekolah mereka seperti pengolahan data yang perhitungan penjualan, pengolahan data untuk mengajarkan kepada anak anak disekolah.

Materi yang diberikan kepada peserta adalah bagaimana mengaplikasikan rumus-rumus yang terdapat dalam Microsoft Excel dalam pembuatan sebuat laporan, seperti fungsi SUM, Average, Max, Min, Count, Round, Today dan fungsi fungsi lainnya yang terdapat dalam Microsoft Excel.

Eva Zuraidah dan bersama 5 dosen, serta  dengan 1orang mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) STMIK Nusa Mandiri Jakarta seperti Eva Zuraidah, Eko Setia Budi, Ade Priyatna, Besus Maula Sulthon , Zahri Rinaldi , Sanwani, dan mahasiswa  Elton Heryanto  melaksanakan pelatihan ini pada tanggal 6 dan 13 April 2019 bertempat di ruang Balai warga di rw 007 cipianng besar   diikuti oleh 20 orang.

“Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan wajib kami sebagai dosen dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi selain melakukan pembelajaran bagi mahasiswa di kampus.” kata Eko Setiaji  Kordinator Tutor Pengabdian Masyarakat Prodi SI STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Selain itu, menurut EkoSetia Budi, sudah semestinya sebagai seorang dosen atau pendidik untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar kampus. Setidaknya turut serta membantu kesejahteraan masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan yang dimiliki sebagai pengajar kepada masyarakat umum tentang bagaimana cara memanfaatkan  aplikasi Excel untuk menulis surat atau menghitung dengan cepat dengan Ms Excel.

Diakhir acara, Eva Zuraidah selaku ketua pelatihan ini menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kelancaran acara tersebut terutama pihak perangkat kelurahan Cipinang Besar S.  Kesuksesan dan kelancaran suatu kegiatan ini bukan hanya berupa materi yang bagus akan tetepi atas koordinasi dan kerjasama yang baik antar pihak satu dengan yang lainnya.

About Daning Nur Sulityowati