Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Nusa Mandiri Membangun Karakter Anak Di Lingkungan RPTRA Maya Asri 13 Melalui Literasi Digital

Nusa Mandiri Membangun Karakter Anak Di Lingkungan RPTRA Maya Asri 13 Melalui Literasi Digital

Jakarta – Pada Sabtu, 07 September 2019 STMIK Nusa Mandiri kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertempat di RPTRA Maya Asri 13, Jl. Kemanggisan Baru Sari RT 2 RW 13, Palmerah, Jakarta Barat. Tema yang di ambil pada kegiatan ini adalah “Membangun Karakter Anak Melalui Literasi Digital” dengan tujuan agar anak-anak RPTRA Maya Asri 13 khususnya yang masih bersekolah baik di tingkat dasar dan menengah mengetahui dan dapat paham mengenai perkembangan teknologi saat ini yang sejatinya tidak dapat di pisahkan dari kehidupan mereka sehari-hari. Oleh sebab itu kegiatan ini bermaksud agar mereka dapat menggunakan teknologi yang ada dengan sebaik mungkin khususnya untuk menunjang kegiatan belajar mereka demi meraih apa yang mereka cita-citakan.

Acara diikuti oleh sekitar 20 anak-anak dari lingkungan RPTRA Maya Asri 13. Acara di buka oleh Ibu Popon Handayani selaku ketua pelaksana yang memberikan pesan kepada para anak-anak agar dapat menggunakan waktunya untuk bermain dan belajar yang baik. “Tidak apa-apa jika bermain Handphone entah itu membuka aplikasi youtube, kalian memiliki akun facebook, IG, dll yang penting semua digunakan dengan baik dan benar seperti membuka youtube untuk keperluan melihat vidio cara sholat yang benar, memiliki akun IG untuk berteman dan membagikan hal-hal yang bermanfaat, share foto harus yang baik dan sopan seperti itu ya anak-anak”. Tutur popon

Setelah itu di lanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi yang dibawakan oleh Ibu Siti Nur Khasanah beliau menyampaikan “Teknologi pada jaman ini sudah sangat berbeda dengan jamannya saya pada masa anak-anak, pada saat saya masih anak-anak handphone di nilai masih sangat asing bagi kebanyakan orang, apalagi untuk dapat dipermainkan oleh anak-anak seusianya. Namun saat ini teknologi telah berkembang sangat pesat anak-anak pun sudah tidak asing dengan yang namanya handphone bahkan kebanyakan dari mereka sudah memiliki handphone begitu juga dengan anak-anak di lingkungan RPTRA Maya Asri 13 pastinya. Setelah ditanya ternyata banyak dari anak-anak di lingkungan PRTRA Maya Asri 13 yang sudah memiliki handphone bahkan sebagian dari mereka mengaku sudah memiliki akun Wa, facebook, IG, Youtube dan ada juga sebagian yang hanya menggunakan handphone untuk bermain game. dan semuanya mereka gunakan hanya untuk sebatas hiburan. Maka dari itu ibu Siti Nur Khasanah menyampaikan bahwa mereka boleh menggunakan handphone hanya untuk kepentingan yang baik dan bermanfaat saja tidak untuk yang lainnya dan belajarnya juga jangan sampai di tinggalkan.

Terakhir acara di tutup dengan doa yang di pimpin oleh ibu Popon Handayani kemudian dilanjutkan dengan pembagian snack untuk anak-anak serta foto bersama. Melalui kegiatan ini di harapkan anak-anak di lingkungan RPTRA Maya Asri 13 dapat terus berkembang untuk mengikuti masa pendidikan maupun dalam masalah perkembangan teknologi informasi yang jika di manfaatkan dengan sebaik mungkin itu dapat meningkatkan pengetahuan mereka dan menuntun mereka untuk mengetahui bakat mereka masing-masing semua itu kembali untuk mewujudkan cita-cita mereka di masa yang akan datang.

About Daning Nur Sulityowati