Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Para Santri Rumah Tahfidzh Yayasan Islam Cahaya Qur’ani Mengikuti Pengabdian Masyarakat Pengenalan Microsoft Office dan Manajemen Berkas

Para Santri Rumah Tahfidzh Yayasan Islam Cahaya Qur’ani Mengikuti Pengabdian Masyarakat Pengenalan Microsoft Office dan Manajemen Berkas

Kemajuan dibidang teknologi komputer sekarang ini sudah sangat maju. Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa sangat penting. Komputer dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam mengerjakan berbagai hal karena lebih efektif dan efisien. Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam komputer adalah aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Exel. Dengan menggunakan kedua aplikasi ini sesuatu yang amat sulit dilakukan ketika kita membuat surat atau laporan berbentuk table di mesin ketik, menjadi teramat mudah dengan kedua aplikasi ini.

Kemanfaatan kedua aplikasi ini sudah dirasakan belasan tahun lamanya baik dibidang bisnis, pendidikan, dan lainnya. Namun sayangnya di Indonesia pemanfaatan kedua aplikasi ini belumlah merata, terutama pada kalangan para santri penghafal al-qur’an. Sebagai contoh yang terjadi pada para santri yang belajar di Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh dibawah naungan Yayasan Islam Cahaya Insan Qurani, dimana masih banyak yang belum mengerti tentang penggunaan kedua aplikasi tersebut.

Maka dari itu dosen STMIK Nusa mandiri Jakarta melakukan pengabdian masyarakat kepada para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh berupa pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Office, sehingga dengan pelatihan ini diharapkan kedepan para santri tidak ketinggalan dalam penggunaan aplikasi Microsoft Word jika dibandingkan dengan para siswa yang belajar di sekolah-sekolah formal.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh dibawah naungan Yayasan Islam Cahaya Insan Qurani,. Acara pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 1 hari yaitu pada tanggal 28 Juli 2019.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 di Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh diikuti oleh seluruh santri yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan materi pengenalan Microsoft Office, dan pengenalan manajemen berkas. Acara ini dilanjutkan dengan memberikan materi pembuatan surat atau dokumen dengan menggunakan Microsoft Word.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dibidang IT selain ilmu-ilmu agama yang selama ini dipelajari oleh para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh dan dapat berguna untuk menunjang kehidupan pada  masa akan datang.

About Daning Nur Sulityowati