Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pelatihan Merakit Komputer sampai dengan Proses Instalasi Operating System (OS) bagi Santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh

Pelatihan Merakit Komputer sampai dengan Proses Instalasi Operating System (OS) bagi Santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh

Peran teknologi informasi dalam kehidupan saat ini sudah tidak dapat dielakan lagi. Hampir semua segi kehidupan dimasyarakat saat ini sudah tersentuh dengan teknologi informasi. Dengan teknologi informasi aktifitas bermasyarakat menjadi semakin mudah dan murah. Saat ini kita bisa lihat tidak ada lagi antrian yang mengular untuk membayar listrik seperti belasan tahun yang lalu.

Dunia teknologi informasi adalah dunia yang sangat luas, banyak cabang-cabang ilmu teknologi informasi yang belum diketahui oleh masyarakat Indonesia, terutama anak-anak yang masih bersekolah di SD sampai dengan SMP. Terlebih jika anak-anak tersebut bersekolah disekolah yang berbasiskan agama. Umumnya para siswa pada tingkatan tersebut hanya mempelajari materi-materi teknologi informasi pada bidang pemanfaatan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office.

Ada baiknya untuk menciptakan generasi yang handal sehingga tidak kalah dengan negara-negara lain, materi-materi lain tentang teknologi informasi sudah diperkenalkan dari sedini mungkin. Sayangnya saat ini hampir dapat dikatakan masih sukar ditemukan siswa-siswa pada level tersebut yang mempelajari materi lain dibidang teknologi informasi selain aplikasi perkantoran.

Oleh karena itu untuk melanjutkan materi yang telah diberikan sebelumnya, yakni penggunaan aplikasi Microsoft Office, dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta kembali melakukan pengabdian masyarakat lanjutan kepada para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh yang bertempat di Markaz Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh  dengan beralamat di Komplek Dolog Jl. Raya Kali Malang No. B 24 Rt.03 Rw.16 Duren Sawit Jakarta Timur berupa pelatihan merakit komputer sampai dengan proses instalasi operating system (OS).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh dibawah naungan Yayasan Islam Cahaya Insan Qurani,. Acara pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 1 hari yaitu pada tanggal 26 Oktober 2019. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 09.00 di Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh diikuti oleh seluruh para santri yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan materi pengenalan hardware dilanjutkan dengan merakit komputer sampai dengan instalasi operating system (OS).

Diharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dibidang IT selain ilmu-ilmu agama yang selama ini dipelajari oleh para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh dan dapat berguna untuk menunjang kehidupan pada yang masa akan datang.

About Daning Nur Sulityowati