Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pelatihan Microsoft Office oleh Dosen STMIK Nusa Mandiri untuk Santri Pesantren Penghapal Qur’an Nahwa Nur, Tajur Halang, Bogor

Pelatihan Microsoft Office oleh Dosen STMIK Nusa Mandiri untuk Santri Pesantren Penghapal Qur’an Nahwa Nur, Tajur Halang, Bogor

Kegiatan Tri Dhar­ma pergu­ruan tinggi merupakan kegiatan yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. STMIK Nusa Mandiri Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bagi santri Pesantren Penghafal Qur’an Nahwa Nur Bogor. Kegiatan ini berlangsung di ruang belajar terbuka PPQ (Pesantren Penghafal Qur’an) Nahwa Nur yang beralamat di Kampung Caglak Rt. 04 Rw.07 Desa Sukmajaya, Kec. Tajur Halang, Kab. Bogor, Jawa Barat. pada tanggal 19 Oktober 2019 dengan peserta sejumlah 25 orang siswa SMP.

Dengan didasarkan oleh kebutuhan siswa santri untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemahaman lebih mengenai microsoft office khususnya microsoft power point dan microsoft excel sehingga saat mereka terjun ke dunia kerja dapat merealisasikannya serta  keperluan perhitungan dan ujian komputer, maka pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, STMIK Nusa Mandiri memberikan pelatihan microsoft excel dan power point  dengan tema “Pelatihan Ms-Office Sebagai Media Belajar Dalam Pembuatan Presentasi Yang Menarik Serta Pengolahan Data Menggunakan Ms-Power Point Dan Ms-Excel”.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan sambutan dari perwakilan PPQ Nahwa Nur Bapak Tondi Sihombing sebagai pembuka kegiatan dan dilanjutkan oleh sambutan ketua pelaksana Ibu Eka Rini Yulia, M.Kom. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi pelatihan yang mencakup pemaparan teori dan praktek langsung menggunakan laptop yang telah difasilitasi. Pada sesi pelatihan pengabdian masyarakat ini, selaku tutor yaitu Siti Ernawati, M.Kom. dan dibantu oleh beberapa dosen dan mahasiswa sebagai assisten tutor diantaranya Raden Bagus Dimas Putra, M.Kom, Muhammad Ryansah, M.Kom, Indah Purnamasari, ST, M.Kom, Lestari Yusuf, M.Kom, serta Mega Primandari Rimba Berlian.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung sangat dinamis, para peserta pun sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Banyak pertanyaan yang diajukan dari para peserta kepada para tutor hingga selesai akhir waktu kegiatan ini. Besar harapan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk santri PPQ Nahwa Nur dan meningkatkan kemampuan IT khususnya penggunaan microsoft excel dan power point.

About Daning Nur Sulityowati