Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pengembangan Keterampilan bagi Karang Taruna dan Aparat Desa Burangkeng Setu Bekasi oleh Dosen STMIK Nusa Mandiri

Pengembangan Keterampilan bagi Karang Taruna dan Aparat Desa Burangkeng Setu Bekasi oleh Dosen STMIK Nusa Mandiri

Tri Dharma merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh Dosen pada tiap semesternya. Tri Dharma Dosen yaitu Melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Begitupun halnya dengan kami selaku dosen STMIK Nusa Mandiri.

Pada semester ganjil 2019/2020 ini kami melakukan pengabdian masyarakat pada sebuah Desa yang berada di Kabupaten  Bekasi, tepatnya di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi . Dengan akses yang terbatas dan perkembangan teknologi yang masih belum merata pada penduduk desa khususnya para staf desa serta karang taruna Desa Burangkeng, maka kami apilih desa tersebut sebagai tempat untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan tema  “Pelatihan Pengembangan dan Keterampilan Pada Karang Taruna dan Aparat Desa  Burangkeng Kec. Setu  Kabupaten Bekasi”.

Pelatihan tersebut diisi dengan memberikan pelatihan Microsoft Office berupa pemakaian  Microsoft Word dan Microsoft Excel yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat berguna sebagai pendukung keterampilan dalam menjalankan kegiatan untuk melayani masyarakat. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 orang dari karang taruna dan aparat Desa Burangkeng. Isi materi Microsoft Word yang diberikan meliputi pembuatan surat menyurat, mail merge dan sebaginya. Sedangkan materi yang terkait dengan Microsoft Excel terkait dengan pembuatan tabulasi, menghitung menggunakan rumus dan fungsi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Burangkeng Setu Jawa Barat berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 26-27 Oktober 2019 berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti. Peserta, tutor serta panitia yang terlibat antusias dan semangat dalam menjalani kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Bahkan peserta sangat respect terhadap materi yang diterangkan oleh Tutor serta melakukan tanya jawab di akhir kegiatan. Kegiatan tersebut juga ditutup dengan melakukan foto bersama antara Dosen yang terlibat serta mahasiswa dan peserta dari Karang Taruna dan aparat Desa Burangkeng. Semoga ilmu yang diberikan oleh para Dosen STMIK Nusa Mandiri dapat diterima, dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. [RZK]

About Daning Nur Sulityowati