Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) sering digunakan di berbagai platform yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Chatbot adalah perangkat lunak sistem elektronik yang mensimulasikan percakapan dengan menanggapi kata kunci atau frasa yang dikenali, serta dapat diintegrasikan ke dalam berbagai platform, seperti situs web, aplikasi seluler, dan platform perpesanan. Salah satu contoh chatbot adalah Generative Pretrained Transformer (ChatGPT), yang dikembangkan oleh OpenAI. Agar knowledge peserta semakin bertambah maka workshop ini langsung memberikan pengetahuan dasar soal kecerdasan buatan (AI) yang super canggih tapi disampaikan dengan bahasa yang sederhana, agar peserta dari Yayasan KOPIA tidak cuma mengerti, tapi juga dapat beraksi. Perwakilan Dosen dari Program Studi Sistem Informasi bersama mahasiswa mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pengembangan Aplikasi AI: Langkah Awal Menuju Digitalisasi pada Yayasan KOPIA Raya Insani”. Kegitan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dari Yayasan KOPIA Raya Insani dalam memanfaatkan AI dalam menghasilkan konten visual dan ide kreatif serta mudah dalam menemukan ide-ide baru untuk perkembangan organisasi dengan menganalisis tren, data, dan kebutuhan pasar.
Kegiatan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2024 pada pukul 09.00-12.00 WIB yang berlokasi di Yayasan KOPIA Raya Insani yang berlokasi di Jl. Mampang Prapatan VII No. 26 RT. 10 RW. 03, Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12790. Dari pihak Universitas Nusa Mandiri, hadir beberapa dosen yaitu Ibu Endang Pujiastuti, M.Kom, Ibu Yuyun Yuningsih, M.Kom, Ibu Wulan Dari, M.Kom, Ibu Lusa Indah Prahartiwi, M.Kom, dan serta perwakilan dari beberapa mahasiswa yang ikut menjadi peserta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari Yayasan KOPIA Raya Insani. Para peserta workshop antusias dan tertarik mengikuti kegiatan seperti mendapatkan mainan baru yang super seru. Ditengah keseruan kegiatan, panitia memberikan doorprize kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan, sehingga membuat mereka senang dan atraktif. Workshop ditutup dengan sesi foto bersama, dan foto pemberian souvenir. Dengan adanya kegiatan ini peserta diharapkan dapat terus belajar dan berkembang di era digital ini.