Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pembelajaran Power Point Sebagai Alat Bantu Pembuatan Tugas Dimasa Pandemi Covid 19 di Yayasan Panti Asuhan Yatim Dhuafa Al Mabrur Bekasi

Pembelajaran Power Point Sebagai Alat Bantu Pembuatan Tugas Dimasa Pandemi Covid 19 di Yayasan Panti Asuhan Yatim Dhuafa Al Mabrur Bekasi

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019 lalu (WHO). Virus ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia. Adapun penyebaran COVID-19 sangat berdampak bukan hanya pada kegiatan ekonomi dan bidang transportasi tetapi juga pada dirasakan oleh dunia pendidikan. Sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk menghentikan kegiatan yang akan berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran COVID-19 di dunia Pendidikan. Dengan membuat surat edaran, yang berisikan tentang intruksi untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan belajar dari rumah masing-masing (Study From Home/SFH). Kebijakan ini kemudian dikenal dengan nama pembelajaran daring/dalam jaringan. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik maupun siswa dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatApp (WA), Telegram, Intagram. Aplikasi Zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Ms .Power Point merupakan salah satu aplikasi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran daring yang interaktif, dari sisi Pendidikan power point dijadikan media untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran yang diberikan, sedangkan dari sisi siswa power point bisa menggantikan buku tulis sebagai media dalam pembuatan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dengan tampilan yag menarik dan tidak membosankan.

Kegiatan wajib dosen Perguruan Tinggi adalah Tri Dharma, Salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan berbagi pengalaman, dan keilmuan kepada masyarakat luas, diluar perguruan tinggi. Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini, masih dilanda pandemic Covid-19, dimana pelaksanaan tersebut dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media Zoom meeting dengan tema Pembelajaran Power point sebagai Alat Bantu Pembuatan Tugas Dimasa Pan demi Covid 19, Target peserta Pengabdian Masyarakat semester ganjil TA 2020/2021 ini adalah Panti Asuhan Al Mabrur Babelan, yang berlokasi di Kp. Penggilingan Tengah RT 001/05, Kel. Kebalen, Kec. Babelan, Kab. Bekasi  Sebagai ketua pelaksana kegiatan dipegang oleh ibu Sri Muryani, M.Kom.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini, dapat mendorong siswa maupun guru yang terdapat pada Yayasan panti asuhan Al Mabrur dapat melakasanakan pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa tetap bersemangat dalam aktivitas kegiatan pembelajaran jarak jauh.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri