Home / Berita Terbaru / LPPM UNM SELESAI MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN JURNAL ILMIAH BERBASIS OJS VERSI 3

LPPM UNM SELESAI MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN JURNAL ILMIAH BERBASIS OJS VERSI 3

Proses penyuntingan artikel adalah salah satu aspek penting dalam pengelolaan jurnal di Universitas Nusa Mandiri. Pada era digital saat ini, proses penyuntingan artikel dilakukan secara online sehingga jejak penyuntingan terekam secara lengkap. Selain itu, proses penyuntingan artikel, bahkan proses pengajuan akreditasi berkala ilmiah oleh dikti telah dilakukan secara online.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri sukses menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kualitas Pengelola Jurnal Ilmiah Berbasis OJS Versi 3 dengan mengundang seluruh pengelola jurnal yang ada di lingkungan Universitas Nusa Mandiri.

Maksud dan tujuan dari kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Pengelola Jurnal Ilmiah Berbasis OJS Versi 3 ini disampaikan Bapak Ir. Andi Saryoko, M.Kom, IPM, ASEAN Eng. selaku Ketua LPPM UNM saat memberikan sambutan yaitu untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola baik editor maupun reviewer jurnal mengenai pengelolaan jurnal ilmiah, sehingga terciptanya persepsi yang sama baik pada persepsi editor maupun reviewer. Selain itu dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan editor dan reviewer jurnal dalam proses penyuntingan artikel jurnal serta dalam manajemen OJS.

Kegiatan diikuti oleh pengelola jurnal Universitas Nusa Mandiri yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi yang turut serta menjadi pengelola jurnal baik sebagai editor maupun reviewer. Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2024 secara daring melalui Zoom Meeting. Acara dimulai dari jam 09.00 – 12.00 WIB.

Terdapat dua Narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Bapak Jordy Laksamana Putra, M.Kom (Editor Jurnal Computer Science  & Reviewer Jurnal Informatika) dan Ibu Evita Fitri, M.Kom (Editor Jurnal JITK dan Reviewer Jurnal INTI Nusa Mandiri. Dari pemaparan materinya sungguh sangat luar biasa, meskipun Narasumber terlihat masih muda, namun ilmu yang dibagikan sangat luar biasa. Narasumber sangat menguasai materi yang dipaparkan. Penggunaan Open Journal System (OJS) versi 3 di Universitas Nusa Mandiri membuktikan komitmen dalam mendukung manajemen jurnal yang efisien dan terstruktur. Proses penyuntingan artikel yang dilakukan secara online memberikan keunggulan dalam pelacakan dan transparansi proses penyuntingan. Untuk mendukung pengelolaan jurnal Universitas Nusa Mandiri melalui OJS maka LPPM telah sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Pengelola Jurnal Ilmiah Berbasis OJS Versi 3 sebagai pelatihan bagi editor dan reviewer jurnal terutama para editor dan reviewer yang baru bergabung di tahun 2024 ini.

About User