Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Press Release Pengabdian Kepada Masyarakat / Bersama Mahasiswa, Dosen Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) Memberikan Pelatihan pemanfaatan Powerpoint dalam Pembelajaran Pada POKJA TK/TP AL QUR’AN  Kecamatan Tanjung Priok

Bersama Mahasiswa, Dosen Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) Memberikan Pelatihan pemanfaatan Powerpoint dalam Pembelajaran Pada POKJA TK/TP AL QUR’AN  Kecamatan Tanjung Priok

POKJA (Kelompok Kerja) TK/TP Al Qur’an Kec. Tanjung Priok adalah organisasi yang mewadahi 50 lembaga TKQ/TPQ yang ada di wilayah Tanjung Priok. Sekretariat POKJA TK/TP AL QUR’AN  yang berlokasi di Jl. Sungai Bambu II B No. 24 Rt. 006/008 Kel. Sungai Bambu Kec. Tanjung Priok menjadi wadah berkumpul bagi para guru dan pengurus TKQ/TPQ untuk melakukan komunikasi dan koordinasi berbagai kegiatan, baik yang dilaksanakan oleh masing-masing TKQ/TPQ, maupun yang dilaksanakan oleh POKJA TK/TP Al Qur’an sebagai organisasi pembina.

Dalam pembelajaran, Pengurus POKJA TK/TP AL QUR’AN  mengalami beberapa kendala, yaitu: belum mengerti cara menarik minat peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar dengan baik dan keterbatasan pengurus POKJA TK/TP AL QUR’AN  dalam pemanfaaatan fasilitas yang ada pada microsoft Power Point yaitu menampilkan video atau gambar yang dapat menunjang penyampaian materi atau bahan ajar.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam rangka pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat, para dosen dan mahasiswa dari Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri menyelenggarakan pelatihan dasar penggunaan aplikasi Ms. Powerpoint bagi para staff pengajar dan pengurus TPQ di lingkungan POKJA TK/TP. Al Qur’an Kecamatan Tanjung Priok. Dengan diadakannya pengabdian masyarakat, maka diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan para staff pengajar dan pengurus TKQ/TPQ dalam mengoperasikan aplikasi membuat presentasi ini, sehingga bisa membantu meningkatkan profesionalisme para guru dalam bidang pendidikan.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode ceramah dengan melakukan presentasi materi secara tatap muka. Survei lapangan adalah langkah awal dalam menyusun rencana kerja. Survei dilakukan guna mengidentifikasi masalah yang ada di POKJA TK/TP. Al Qur’an. Dari masalah yang ada dicarikan dan diajukan solusi melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Berikut rincian rencana yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 22 Oktober 2022 Waktu         Pukul 09.00 – 12.00 WIB secara Offline di Aula Sekretariat POKJA TK/TP AL QUR’AN   Kec. Tj. Priok Jl. Sungai Bambu II B Rt 006/008 No. 24, Kel. Sungai Bambu, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara. Susunan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Penanggung Jawab Prof. Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom, Ketua Pelaksana Hendri, M.Kom, Tutor       Melan Susanti, M.Kom yang beranggotakan Andi Saryoko, M.Kom, Nurul Khasanah, M.Kom beserta mahasiswa yang terlibat Nindya Jelita Prameswari (11220266), Deviana (11220275),            Muhammad Azmi (11220357), Dini Apriliga (11220376), Nabila Rohadatul Aisy (11220411).

Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema Pelatihan dan pemanfaatan Powerpoint dalam Pembelajaran Pada Pengurus dan Staff Pengajar POKJA TK/TP AL QUR’AN mampu dan mengerti bagaimana cara menarik minat peserta didik dan pemanfaaatan fasilitas yang ada pada microsoft Power Point. Antusiasme Peserta sangat luar biasa, terbukti jumlah peserta yang hadir kurang lebih 21 peserta. Kegiatan Pengabdian Masyarakat berjalan sangat lancar dan para peserta sangat aktif saat dibuka sesi diskusi/tanya jawab. Semoga Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan dapat bermanfaat khususnya untuk para pengurus dan Staff Pengajar POKJA TK/TP AL QUR’AN Jakarta Utara.(ASY)

About LPPM UNM